Jumat, 26 April 2024

Khofifah Siapkan Karpet Merah di Sekolah Pilihan untuk Atlet Jatim Berprestasi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat Rapat Anggota KONI Jatim 2019 di salah satu hotel di Surabaya, Rabu (20/3/2019). Foto: Istimewa

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur meminta KONI kabupaten/kota maupun KONI Provinsi Jawa Timur berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota dan provinsi dalam menyusun big data atlet berprestasi di Jawa Timur.

“Saya ingin atlet berprestasi tidak perlu khawatir lagi harus sekolah di mana. Ini menjadi tanggung jawab kita menyiapkan karpet merah bagi olahragawan berprestasi,” kata Khofifah dalam Rapat Anggota KONI Jatim 2019 di salah satu hotel di Surabaya, Rabu (20/3/2019).

Dia berharap, atlet di Jatim bisa sukses berprestasi di bidang olahraga dan akademik. Dia mencontohkan bagaimana dirinya bertemu atlet dari cabor tertentu yang berharap ketika lulus SMP bisa mendapat prioritas masuk SMA/SMK pilihannya.

“Pemerintah punya tanggung jawab penting dalam hal ini, dan ini menjadi bagian penting untuk bisa dibangun bersama,” kata Khofifah yang mengaku dirinya dahulu pernah menjadi pemain olahraga hoki.

Dia pun meminta agar big data atlet-atlet berprestasi di seluruh Jawa Timur segera diwujudkan.

“Big data ini nanti akan mengoneksikan data atlet berprestasi dengan pendidikan. Program ini harus kita kawal terus dan jangan sampai terputus di tengah jalan,” ujarnya.

Gubernur Khofifah berharap, pemberian beasiswa kepada 18 atlet berprestasi peraih medali emas saat PON di Jabar 2018 lalu bisa menjadi motivasi bagi atlet di Jatim.

“Sebagian atlet berprestasi sudah ada yang mendapat beasiswa hingga ke Perguruan Tinggi (PT), ada yang S2. Ini bentuk motivasi khusus agar bisa sukses di olahraga da akademik,” ujarnya.

Soal sarana prasarana olahraga di Jatim, Khofifah dalam waktu dekat akan melakukan pengecekan. Dia ingin ada stadion olahraga berstandar internasional di Jatim, dan Sport center di Jakarta bisa menjadi rujukan pembangunannya.

“Selain menyiapkan sarpras yang memadai, saya ingin mengajak mari membangun dan menjaga sportifitas dalam berolahraga. Semoga adik-adik sekalian bisa sukses berprestasi di bidang olahraga dan akademis,” ujarnya.

Erlangga Satriagung Ketua Umum KONI Jatim menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Khofifah atas penghargaan yang diberikan pada atlet berprestasi Jatim, khususnya peraih medali emas Asian Games U19.

Dia juga mengapresiasi respon positif Pemprov Jatim atas kesiapan menghadapi Porprov 2019. Soal beasiswa atlet berprestasi, dia masih terus melakukan verifikasi data terhadap 118 atlit peraih medali emas pada PON Jabar 2018 lalu.

“Atensi terhadap pendidikan atlit berprestasi ini baru pertama kalinya di Indonesia. Inilah adalah salah satu bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap atlit-atlit berprestasi di Jatim,” katanya.(den/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs