Rabu, 26 Februari 2020

Komisi III Gelar Fit and Proper Test Idham Aziz Calon Kapolri

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Komisi III DPR RI menggelar fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) Komjen (Pol) Idham Aziz calon Kapolri. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Komisi III DPR RI menggelar fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) Komjen (Pol) Idham Aziz calon Kapolri.

Sekadar diketahui, saat ini Idham Azis menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Uji kelayakan dan kepatutan dipimpin langsung Herman Herry Ketua Komisi III.

Idham Aziz berseragam lengkap menjalani fit and proper test di ruang Komisi III dengan didampingi para pejabat Polri yang duduk di kursi belakangnya.

Fit and Proper test berlangsung mulai pukul 14.15 WIB dan digelar secara terbuka.

“Bapak dan i‎bu sekalian, kita mulai acara fit and proper test calon Kapolri, dan rapat berlangsung secara terbuka,” ujar Herman sambil mengetok palu di ruang Komisi III, Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (30/10/2019).

Urutan agenda fit and proper test calon Kapolri ini dimulai dengan penyampaian visi dan misi, yang dilanjutkan dengan tanya jawab anggota Komisi III kepada Idham Aziz.

Setelah fit and proper test nanti, Komisi III langsung menggelar rapat pleno untuk memutuskan hasilnya apakah Idham Aziz disetujui menjadi Kapolri atau tidak.

Selanjutnya, pada Kamis (31/10/2019) besok akan digelar rapat paripurna untuk menetapkan hasil fit and proper test Komisi III terhadap Idham Aziz.

Sebelumnya, pagi tadi, Komisi III juga sudah melakukan kunjungan ke kediaman Idham Aziz untuk melakukan wawancara dengan keluarga. Hasilnya, Komisi menyatakan puas dengan hasil wawancara tersebut.(faz/dwi)

Berita Terkait