Kamis, 18 April 2024

Lab Radio Kampus Penting Untuk Siapkan Mahasiswa Jadi Penyiar Andal

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Lab Radio Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jatim. Foto: www.akupnradio.blogspot.com

Menjadi penyiar radio tidaklah instan dan memerlukan proses belajar yang panjang. Agar mampu menjadi penyiar andal, mahasiswa dapat belajar melalui lab radio yang ada di kampus.

Ririn Puspita Tutiasri dosen Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim sekaligus Kepala Lab Radio dan Televisi UPN Veteran Jatim mengatakan, keberadaan lab radio sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa sejak dini agar mampu terjun di dunia radio profesional.

“Mahasiswa bisa mendapatkan pelatihan di lab radio, bagaimana cara menjadi penyiar yang baik, sehingga banyak peminatnya,” ujar Ririn kepada suarasurabaya.net pada Rabu (13/2/2019).

Ririn mengaku, saat ini banyak mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim yang lebih memilih bergabung dengan AK UPN Radio, channel radio milik lab radio UPN daripada mengambil mata kuliah Produksi Penyiaran Radio.

“Soalnya mata kuliah tersebut mata kuliah pilihan. Mahasiswa yang sudah bergabung dengan lab radio sejak semester satu biasanya merasa cukup dengan ilmu yang didapat di lab,” ujarnya.

Meski begitu, ia selalu menyarankan kepada anak didiknya untuk mengambil juga mata kuliah Produksi Penyiaran Radio untuk memperdalam pemahaman teori.

Pada perayaan hari Radio Sedunia ke-8 yang jatuh pada hari ini, Rabu (13/2/2019), ia berpesan agar radio tetap terus berinovasi sehingga pendengarnya tidak beralih ke media lain.

“Ke depannya, semoga radio tetap menjadi sumber yang mengedukasi masyarakat secara luas,” pungkasnya. (bas/wil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs