Kamis, 28 Maret 2024

Long Weekend, Penumpang Bus di Terminal Ngawi Naik

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Arus penumpang bus di Terminal Kertonegoro, Kabupaten Ngawi, tercatat naik saat libur pencoblosan Pemilu 2019 pada 17 April 2019, yang berlanjut libur akhir pekan dalam rangkaian perayaan Paskah.

“Pada momen long weekend kali ini, jumlah penumpang meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasa,” ujar Ali Imron Kepala Terminal Ketonegoro Ngawi, dilansir Antara, Sabtu (20/4/2019).

Sesuai data yang ada, jumlah bus yang masuk ke Terminal Kertonegoro pada hari biasa mencapai 1.000 unit dengan jumlah penumpang mencapai 1.500 orang.

Menurut dia, peningkatan penumpang didominasi oleh warga yang hendak bepergian dengan tujuan Jakarta dan daerah sekitarnya. Dimungkinkan para penumpang tersebut hendak kembali ke tempat kerja setelah melakukan pencoblosan di tempat asal.

Selain karena momentum libur akhir pekan panjang, peningkatan penumpang tersebut juga ditunjang karena keberadaan jalan tol yang melintasi Ngawi.

“Keberadaan jalan tol juga berdampak pada perilaku penumpang. Sebab, ada juga bus yang menyediakan layanan perjalanan jarak jauh lewat full tol,” katanya.

Karena jumlah penumpang meningkat, harga tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tujuan Jakarta juga naik dari hari biasa. Harga tiket yang semula Rp180 ribu, pada long weekend ini naik menjadi Rp190 ribu.

“Namun, untuk jumlah armada bus yang beroperasi secara keseluruhan di Terminal Ngawi masih sama, yakni sekitar 1.000 unit per hari,” tambah dia.

Menyikapi peningkatan jumlah penumpang, pihak pengelola Terminal Kertonegoro memaksimalkan berbagai fasilitas dan pelayanan yang ada seperti ruang tunggu, pengamanan, dan penerangan. (ant/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs