Kamis, 25 April 2024

Masuk Musim Penghujan, Rumah Pompa Petekan dan Penampungan Air Pattimura Dikebut

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Memasuki musim penghujan, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya meninjau rumah pompa Petekan dan penampungan air Pattimur, Rabu (18/12/2019). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Memasuki musim penghujan, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya meninjau rumah pompa Petekan dan penampungan air Pattimur, Rabu (18/12/2019).

Di lokasi Jalan Pattimura, Risma mengatakan, Pemkot Surabaya bakal membangun tempat penampungan air baru. Tujuannya untuk mengatur jalannya air agar tidak turun deras (meluber).

“Di situ dibangun saluran penampung air agar airnya tidak turun deras ke penurunan itu tadi. Jadi supaya turunnya tidak nggrojok langsung. Makanya, kita buat saluran baru dan pelebaran,” kata Risma di sela meninjau lokasi Jalan Pattimura, Surabaya, seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Risma menjelaskan, penampungan air seperti itu, sebelumnya sudah pernah dikerjakan untuk menyelesaikan permasalahan genangan air yang terjadi di Jalan Mayjend Sungkono. Bahkan, upaya tersebut berhasil mengatur aliran debit air yang mengalir.

“Itu persis saat kita menyelesaikan di Jalan Mayjend Sungkono. Makanya bisa clear seperti itu karena aliran airnya kita arahkan,” katanya.

Risma juga mengungkapkan, bahwa semakin lama di wilayah tersebut makin padat perumahan. Makanya, pihaknya kemudian menambah saluran air sebanyak-banyaknya. Hal ini bertujuan agar kawasan sekitar aman dari genangan air.

“Artinya kalau banyak dibangun perumahan maka serapan airnya juga berkurang. Itu kenapa pemasangan saluran air tidak hanya tahun ini saja. Tahun mendatang juga,” paparnya.

Seusai meninjau lokasi di Jalan Pattimura, Risma menuju lokasi sidak kedua di rumah pompa Petekan yang terletak di ujung Sungai Kalimas.

Risma ingin memastikan progres perkembangan pembangunan. Disamping itu pula, ia juga mendorong kepada pekerja proyek agar lebih cepat dalam merampungkan proyeknya.

“Sebenarnya targetnya di tanggal 27 bulan ini, tetapi aku minta lebih cepat. Sebenarnya bisa cuma mereka (pekerja proyek) ragu-ragu,” ujarnya.

Risma juga memberikan motivasi kepada pemborong untuk berani ambil resiko dan keputusan. “Jadi kalau aku ngasih waktu tiga hari sebetulnya cukup hanya mungkin takut. Maka itu tak dorong lebih cepat menyelesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Erna Purnawati Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya menambahkan, pembuatan penampungan di Jalan Pattimura itu langsung akan mulai dikerjakan besok Kamis (13/12/2019).

“Kami akan langsung kerjakan besok dan prediksi selesai sekitar satu bulan mendatang,” pungkasnya. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs