Rabu, 17 April 2024

Mentan Akan Bentuk Unit Khusus Tanggulangi Virus Demam Babi Afrika

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian (Mentan) akan membentuk desk atau unit khusus mulai dari tingkat nasional sampai dengan tingkat peternakan dalam rangka menanggulangi wabah Demam Babi Afrika atau African Swine Fever.

“Saya sementara ini membentuk desk langsung, baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten sampai dengan desk di tingkat peternakannya seperti apa,” ujar Syahrul Yasin Limpo Mentan di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Dia menjelaskan bahwa sekarang ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan, namun yang paling penting melakukan isolasi, bahkan pengendalian.

“Itu tidak boleh dibiarkan, dan pada hari ini saya menyurati langsung kepada para gubernur dan bupati agar betul-betul melakukan isolasi. Balai karantina akan menjalankan hal tersebut secara ketat,” kata Mentan Syahrul Yasin Limpo, seperti dilansir dari Antara.

Mentan juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah mempercayai berita-berita hoaks, seperti African Swine Fever ini berubah menjadi cacar babi yang bisa menjangkiti atau menular ke manusia.

“Sesuai apa yang saya dapatkan dari pendekatan akademis dan sumber-sumber terpercaya lainnya, ternyata penyakit tersebut tidak menular kepada manusia,” tegas Mentan.

Sebelumnya ribuan ternak babi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang mendadak mati diduga tidak hanya terjangkit virus Hog Cholera atau Kolera Babi, melainkan juga terindikasi virus African Swine Fever (ASF) atau Demam Babi Afrika.

Hal itu berdasarkan hasil uji laboratorium sampel bangkai babi di Medan yang dilakukan Balai Veteriner Medan.

Agustia MP Kepala Balai Veteriner Medan mengatakan bahwa untuk membuktikan adanya Demam Babi Afrika, harus dilakukan uji lab berkali-kali. Karena, katanya, virus tersebut belum pernah ada di Indonesia dan belum ada obatnya.

Virus tersebut memiliki serangan yang cepat dan sistemik. Babi yang diserang tidak kelihatan sakit namun bisa tiba-tiba mati. Virus ASF ini masuk ke dalam tubuh dan mematikan organ-organ.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara mencatat ada 11 Kabupaten/Kota yang terkena wabah virus Hog Cholera yaitu Dairi, Humbang Hasundutan, Deli Serdang, Medan, Karo, Toba Samosir, Serdang Bedagai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan Samosir. Dari 11 kabupaten/kota tersebut sebanyak 4.682 ekor babi dilaporkan mati akibat virus ini.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs