Minggu, 5 Mei 2024

Mentawai Diguncang 52 Kali Gempa pada Sabtu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 52 kali guncangan gempa melanda Mentawai, Sumatera Barat pada Sabtu (2/2/2019) hingga pukul 21.00 WIB.

“Dari 52 gempa tersebut sebanyak enam gempa dengan kekuatan di atas 5 Skala Richter dan 46 lainnya di bawah 5 Skala Richter,” kata Rahmat Triyono Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, seperti dilansir Antara, Minggu (3/2/2019).

Ia menjelaskan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi termasuk dalam klasifikasi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera

“Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik,” kata dia.

Kekuatan guncangan gempa ini dilaporkan terasa di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Solok pada II-III MMI. Padang, Pariaman, Painan pada III-IV MMI dan Kepulauan Mentawai (Tua Pejat,Pagai Selatan) pada IV-V MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar dia.

Sementara, Joni, salah seorang warga Pesisir Selatan mengatakan gempa dirasakan cukup keras di Surantih.

Sedangkan Andri, warga Padang, mengatakan gempa dirasakan cukup kuat di kawasan Lubuk Begalung Padang.

Namun berdasarkan pantauan di jalan raya di Padang aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs