Jumat, 10 Mei 2024

Musim Hujan Datang, Daerah Ini Rawan Terancam Potensi Tanah Longsor

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Tanah longsor. Grafis: suarasurabaya.net

Bencana tanah longsor berpotensi terjadi saat memasuki musim hujan dan hampir tiap tahun menelan korban. Beberapa daerah di Indonesia yang rawan dilanda tanah longsor yakni Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Malang selatan, Lumajang, Kediri, Ngawi dan Magetan.

Amien Widodo Pakar Geologi mengatakan, dengan jatuhnya korban akibat tanah longsor tiap tahun bisa dikatakan kejadian ini berisiko tinggi. Harapannya pemerintah punya perhatian lebih.

“Selama ini kerusakan hutan sering terjadi dan dapat membahayakan serta memicu terjadinya tanah longsor,” kata Amien pada Radio Suara Surabaya, Kamis (31/10/2019).

Amien mencontohkan, warga di Ponorogo sudah mengembangkan kearifan lokal karena warga sudah tahu daerahnya rawan longsor. Apalagi saat malam hari jadi dilakukan upaya khusus dari warga setempat.

Saat ini, lanjut Amien, teknologi sudah memungkinkan untuk mengecek daerah yang akan terkena bencana. “Karena memang butuh dana besar jadi ini kita kurang update dengan teknologi terbaru,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, kata Amien, harus dilihat dulu nantinya tanah ini akan melongsori apa. “Jika hanya melongsori sawah ya tidak apa-apa. Tapi kalau melongsori rumah sampai menyebabkan banjir baru kita dan pemerintah harus antisipasi lebih,” katanya.

Yang susah untuk mengantisipasi, kata Amien, adalah daerah yang susah dijangkau. Jadi rekonstruksi sudah dilakukan, selain itu dana terbatas. “Sebenarnya pemerintah sering memberi alat ke masyarakat tapi tidak pernah memberdayakan. Jadi kebanyakan alat yang diberikan tidak berfungsi,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs