Senin, 20 Mei 2024

PT Surabaya Mekabox Pernah Terbakar pada 2012

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
PT Surabaya Mekabox sebelumnya juga pernah terbakar pada 24 Agustus 2012 lalu. Foto: dok suarasurabaya.net

PT Surabaya Mekabox yang terbakar kemarin, Minggu (4/8/2019) sebelumnya juga pernah terbakar pada 24 Agustus 2012 lalu.

Dari data suarasurabaya.net, PT Surabaya Mekabox saat itu terbakar sekitar pukul 14.30 WIB.

Berdasarkan keterangan kepolisian, diduga kebakaran berawal dari alang-alang di dalam pabrik. Sebelumnya, pihak kepolisian sudah memperingatkan untuk membabat dan membakar habis alang-alang di dalam pabrik karena berpotensi terbakar saat musim kemarau.

Kompol Supandi yang saat itu menjabat Kapolsek Driyorejo,Gresik mengatakan, asap hitam yang mengepul ini bersal dari tumpukan bahan baku kertas dan jika bahan baku di dalam habis kerugian bisa mencapai ratusan juta rupiah. Gedung ini sebelumnya sudah terbakar sehingga tidak dibangun kembali dan sekarang hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan baku kertas.

Dan proses pemadaman serta pembasahan pabrik saat itu diprediksi membutuhkan waktu berhari-hari karena tingkat kesulitan pemadaman cukup tinggi.

Dan kemarin di pabrik kertas karton PT. Surabaya Mekabox Jalan Bambe KM 18 Driyorejo, Gresik, terbakar Minggu (5/8/2019) siang.

Diduga kebakaran akibat warga yang bakar-bakar (belum tahu obyek yang dibakar.red), bara api diduga terbang karena tiupan angin dan mengenai tumpukan kertas.

Sampai Minggu (4/8/2019) malam, petugas Pemadam Kebakaran (PMK) masih berjibaku untuk melokalisir kobaran api yang melahap seluruh tumpukan bahan baku kertas karton di areal pabrik seluas 20 ha ini. (dwi/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs