Kamis, 18 April 2024

Paduan Suara Sparkling Singer Asal Surabaya Sabet Medali Emas di Eropa

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sparkling Singer, paduan suara asal Surabaya berhasil menyabet medali emas di kejuaraan Grand Prix of Nations and 4th European Choir Games di Gothenburg, Swedia. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Paduan suara asal Surabaya berhasil menyabet medali emas di kejuaraan Grand Prix of Nations and 4th European Choir Games di Gothenburg, Swedia. Tim bernama Sparkling Singer itu mendapatkan penghargaan gold medal top level di babak grandprix setelah bersaing pada 3-10 Agustus lalu.

Dinar Primasti Art Director Sparkling Singer Surabaya mengatakan, mereka berhasil menyabet penghargaan itu melalui kategori pop jazz. Aliran musik ini memang menjadi konsentrasi mereka.

Sejak dibentuk pada akhir 2017 lalu, mereka fokus dalam mengembangkan paduan suara di aliran musik ini.

“Kami memang konsentrasinya di jalur pop. Choir-choir di Surabaya masih sangat jarang (mendalami aliran ini, red). Kebanyakan masih (aliran, red) klasik. kami ingin mengusung genre ini karena memang pop ini dekat dengan kita sehari-hari,” ujar musisi yang baru tiba di Indonesia pada Jumat (16/8/2019) lalu ini.

Awalnya, format grup mereka bukan paduan suara tapi vocal grup. Saat terbentuk, personel mereka hanya sembilan orang. Saat ini, mereka punya format baru dengan 20 orang dengan 2 pemain musik. Umur mereka pun beragam, mulai dari 16 hingga 38 tahun.

Dinar berharap, adanya grup paduan suara asal Surabaya yang memenangi kompetisi di Eropa bisa menjadi inspirasi bagi pelaku musik lain di kota ini.

“Kalau kami harapannya, ini mungkin bisa jadi inspirasi. Gak cuma pelaku choir, paduan suara. tapi juga pelaku musik secara umum di Surabaya dan Jawa Timur. Karena Jawa Timur sebenarnya banyak talenta di bidang musik yang memang potensial. gak hanya dibawa ke level nasional tapi juga lebih tinggi, internasional,” pungkasnya. (bas/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs