Jumat, 17 Mei 2024

Pagi Ini, Gunung Bromo Alami Erupsi dengan Awan Abu Vulkanik

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Gunung Bromo mengalami erupsi dengan awan abu vulkanik pada Selasa (19/2/2019) pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA), saat ini erupsi dan emisi abu di Gunung Bromo masih berlanjut. Aktivitas seismik yang dicirikan oleh tremor vulkanik juga terjadi terus menerus.

Awan abu tebal putih dan cokelat terpantau bergerak ke barat-barat daya. Perkiraan tinggi awan vulkanik sekitar 9373 FT (2929 M) di atas permukaan laut atau mungkin lebih tinggi dari yang dapat diamati dengan jelas.

Untuk kode warna penerbangan saat ini adalah orange (meskipun belum ada larangan penerbangan tapi diimbau tetap waspada, red).

Pemberitahuan perkembngan selanjutnya, VONA baru akan dikeluarkan jika kondisinya berubah secara signifikan atau kode warna berubah. Informasi gunung berapi terbaru diposting di VONA, situs web MAGMA Indonesia dan tautan: https://magma.vsi.esdm.go.id/vona/.

Sementara itu, Sarif Hidayat Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dihubungi suarasurabaya.net mengatakan, masih mengumpulkan data dari petugas yang berada di lapangan.

“Kalau saya masih belum tahu informasinya. Mohon waktu dulu untuk menggali informasi dari petugas di lapangan,” ujarnya. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
28o
Kurs