Sabtu, 20 April 2024

Pansel Calon Pimpinan KPK Umumkan 20 Nama yang Lolos Profile Assessment

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) periode 2019-2023, mengumumkan 20 nama yang lolos tahap seleksi penilaian personal (profile assessment).

Jumlah tersebut separo dari 40 nama bakal calon Komisioner KPK yang sebelumnya lulus uji kompetensi dan uji psikologi.

Mereka yang lolos ke tahap selanjutnya terdiri dari berbagai latar profesi, ada anggora Polri, jaksa, advokat, pegawai dan Komsioner KPK, dosen, hakim, karyawan BUMN, dan pegawai negeri sipil.

Beberapa nama yang lolos antara lain, Alexander Marwata Komisioner KPK, Sujanarko Pegawai KPK, lrjen Pol Antam Novambar Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Irjen Pol Firli Bahuri Kapolda Sumsel, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto Sespim Lemdiklat Polri, dan Johanis Tanak jaksa.

Sementara itu, Laode Muhammad Syarif Komisioner KPK, Giri Suprapdiono Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Dede Farhan Aulawi Komisioner Kompolnas, dan Dedi Haryadi Tim Stranas Pencegahan Korupsi KPK, tidak lolos profile assessment.

Pengumuman itu disampaikan Yenti Garnasih Ketua Pansel Capim KPK, sore hari ini, Jumat (23/8/2019), di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

“Dari 40 orang peserta yang hadir memgikuti profile assessment Capim KPK masa jabatan 2019-2023, yang dinyatakan lulus sebanyak 20 orang,” ujar Yenti.

Nantinya, 20 orang bakal calon pimpinan KPK wajib menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Kemudian, dilanjutkan dengan tahap wawancara dan uji publik pada 27-29 Agustus 2019, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara.

Yenti menegaskan, keputusan Pansel tidak bisa diganggu gugat. Pansel, juga akan menggugurkan bakal calon pimpinan KPK yang tidak mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

Sesudah seluruh proses seleksi rampung, Pansel memilih 10 kandidat Pimpinan KPK berdasarkan hasil penilaian terbaik, yang nantinya diserahkan kepada Joko Widodo Presiden, tanggal 2 September 2019.

Lalu, Presiden akan menyampaikan nama-nama calon Komisoner KPK kepada DPR, kemudian Komisi III DPR menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Berikut 20 bakal calon pimpinan KPK yang lolos profile assessment:

1. Alexander Marwata – Komisioner KPK
2. Antam Novambar – Anggota Polri
3. Bambang Sri Herwanto – Anggota Polri
4. Cahyo RE Wibowo – Karyawan BUMN
5. Firli Bahuri – Anggota Polri
6. I Nyoman Wara – Auditor BPK
7. Jimmy Muhamad Rifai Gani – Penasihat Menteri Desa
8. Johanis Tanak – Jaksa
9. Lili Pintauli Siregar – Advokat
10. Luthfi Jayadi Kurniawan – Dosen
11. Jasman Pandjaitan – Pensiunan Jaksa
12. Nawawi Pomolango – Hakim
13. Neneng Euis Fatimah – Dosen
14. Nurul Ghufron – Dosen
15. Roby Arya – PNS Seskab
16. Sigit Danang Joyo – PNS Kemenkeu
17. Sri Handayani – Anggota Polri
18. Sugeng Purnomo – Jaksa
19. Sujanarko – Pegawai KPK
20. Supardi – Jaksa.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs