Sabtu, 27 April 2024

Paus Fransiksus Menunjuk Ignatius Suharyo Uskup Agung Jakarta sebagai Kardinal

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Monsignor Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo. Foto: dokpenkwi.org

Paus Fransiskus mengumumkan penunjukan 13 Kardinal, Minggu (1/9/2019), dalam kotbah usai Angelus siang, di Vatikan.

Salah seorang yang dipercaya menjadi Kardinal berasal dari Indonesia, yaitu Monsignor Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Uskup Agung Jakarta.

“Puji sukur kepada Tuhan atas kepercayaan dan cinta kasih Paus Fransiskus bagi Gereja Katolik Indonesia dengan pengangkatan Monsignor Ignatius Suharyo menjadi Kardinal,” kata Romo Vincentius Adi Prasojo Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta, dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (1/9/2019).

Rencananya, pelantikan Uskup Ignatius Suharyo bersama 12 uskup lainnya sebagai Kardinal akan diselenggarakan dalam Consitorium (sidang para Kardinal), Sabtu (5/10/2019), di Vatikan.

“Profisiat untuk Monsignor Ignatius Suharyo dalam mengemban perutusan baru sebagai Kardinal,” tegasnya.

Monsignor Ignatius Suharyo tercatat sebagai kardinal ketiga asal Indonesia. Sebelumnya, Justinus Kardinal Darmojuwono, dan Julius Kardinal Darmaatmadja.

Sekadar diketahui, Kardinal merupakan pejabat senior di Gereja Katolik Roma. Kardinal berada di bawah Paus dan ditunjuk oleh Paus.

Kardinal memiliki tugas untuk menghadiri rapat dalam dewan suci. Selain itu, kardinal juga bertugas untuk memilih pengganti Paus. (rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs