Senin, 24 Januari 2022

Pemkot Surabaya Akan Membangun Museum Olahraga di Kawasan Gelora Pancasila

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gedung Gelora Pancasila yang berada di Jalan Patmosusastro No.12, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun museum olahraga di tahun 2019. Rencananya, museum itu akan ditempatkan di Gelora Pancasila.

Museum tersebut, nantinya bakal menampilkan sederat prestasi yang berhasil diraih atlet-atlet olahraga asal Surabaya, baik di tingkat asia maupun dunia.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, tujuan pembangunan museum olahraga tersebut untuk memberikan motivasi serta menunjukkan kepada anak-anak Surabaya, bahwa banyak atlet berprestasi yang lahir dari Kota Pahlawan.

“Aku sudah menghubungi Alan Budi Kusuma, Minarti Timur, Lilis Handayani, dan Rudi Hartono, yang mereka pernah menjuarai bulu tangkis tingkat dunia,” ujar Risma di ruang kerjanya, Senin (28/1/2019).

Menurut Risma, berbagai penghargaan yang berhasil diraih oleh deretan atlet legendaris itu akan diduplikasi untuk ditampilkan di museum olahraga tersebut.

Untuk mewujudkan museum olahraga ini, Risma berencana mengundang beberapa atlet legendaris, dan para narasumber untuk mendiskusikan format museum yang tepat khusus olahraga.

“Mungkin ada raketnya, foto-fotonya dia, nanti kita lihat yang bisa kita masukkan. Tapi yang juara dunia pasti akan masuk di situ,” ungkapnya.

Letak bangunan museum olahraga ini, nantinya berada di depan Gedung Gelora Pancasila di Jalan Patmosusastro No.12, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Ia berharap pembangunan museum olahraga itu segera rampung pada bulan November 2019.

Pesan khusus yang ingin disampaikan dalam pembangunan museum olehraga ini, yakni untuk membangun motivasi anak-anak Surabaya, bahwa mereka bisa menjadi pahlawan, baik bagi orang tua, lingkungan, maupun kotanya dengan prestasi di bidang olahraga.

“Sebetulnya mereka itu kan juga Pahlawan, membawa nama Negara,” katanya. (bid/wil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Senin, 24 Januari 2022
32o
Kurs