Minggu, 12 Mei 2024
Peringati Hari Pahlawan

Penampilan Paduan Suara dan Orkestra Santa Maria Surabaya Undang Decak Kagum Pengunjung

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kelompok paduan suara dan orkestra Santa Maria Surabaya tampil secara khusus di hadapan pengunjung Grand City Mall Surabaya, Minggu (10/11/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Kelompok paduan suara dan orkestra Santa Maria Surabaya tampil secara khusus di hadapan pengunjung Grand City Mall Surabaya, Minggu (10/11/2019). Sambil mengibar-kibarkan bendera Merah Putih, mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan nasional.

Penampilan mereka ini mengundang decak kagum pengunjung mall. Tidak sedikit, pengunjung ikut bernyanyi dan mengibarkan bendera Merah Putih. Selain paduan suara dan orkestra, juga ada penampilan Tari Remo yang turut menyita perhatian pengunjung.

Gama Andrea Ketua Penyelanggara Surabaya Kota Pahlawan mengatakan, acara ini diprakarsai Ikatan Alumni Santa Maria Surabaya untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November. Tujuannya, menghargai jasa para pahlawan dan warisan budaya Indonesia.

“Acara ini juga didukung oleh adik-adik kita yang masih aktif, yaitu SMP dan SMA Santa Maria. Yang tergabung dalam orkestra dan paduan suara. Hari ini, kami semua menggunakan busana nasional sebagai bentuk tetap menjaga warisan budaya,” kata Gama.

Selain untuk memperingati Hari Pahlawan, kata dia, acara ini juga sekaligus menghidupkan kembali ikatan alumni yang sempat vakum. Harapannya, semua alumni bisa berkumpul dan ke depan bisa berkegiatan lagi.

“Harapannya tentu alumni-alumni yang selama ini tidak menyadari keberadaan alumni, bisa ikut atau kembali bergabung. Selain untuk mengembangkan alumni sendiri, juga untuk evaluasi dengan SMP dan SMA Santa Maria Surabaya,” kata dia.

Sementara itu, Bernadheta Tay Meno Kepala SMP Santa Maria Surabaya menyambut baik acara yang digelar Ikatan Alumni Santa Maria tersebut. Untuk itu, paduan suara dan orkestra Santa Maria turut mensupport acara peringatan Hari Pahlawan ini.

“Kebetulan alumni tahun ini begitu bersemangat ditunjukkan kepada umum bahwa, kita sebenarnya ambil bagian dalam pemerintahan negara ini. Santa Maria sebagai bentuk zaman perjuangannya Kota Surabaya, dia menjadi markasnya tentara pelajar,” kata Bernadheta.

Penampilan paduan suara dan orkestra Santa Maria di hadapan umum ini, bukanlah yang pertama. Sebelumnya, mereka juga kerap mengisi acara-acara resmi, seperti di Balai Kota Surabaya.

Bahkan, mereka juga pernah menorehkan prestasi di tingkat internasional. Seperti Selasa (23/7/2019) lalu, mereka berhasil membawa pulang 2 medali emas dan penghargaan di ajang A Voyage of Songs, yang berlangsung di Hotel Ambassador, Bangkok, Thailand.

“Untuk selanjutnya, Santa Maria ini dipanggil ikut Champions di Belgia, di mana menjadi puncak festival paduan suara dunia. Menurut juri, kualitas paduan suara Santa Maria cocok untuk internasional. Kita lagi berjuang 5-10 Juli tahun depan di Belgia,” kata dia. (ang/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
28o
Kurs