Senin, 29 April 2024

Perawat asal Gorontalo Mewakili Indonesia ke Swiss

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kepala Puskesmas Ismail Akase (kanan) bersama perawat Vionita Isa di ruang kerjanya di Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Sabtu (18/5/2019). Foto: Antara.

Vionita Isa Perawat Puskesmas Limboto, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo menjadi perwakilan Indonesia pada World Health Assembly ke-72 (WHA72) di Jenewa, Swiss.

Vionita Isa di Gorontalo, Sabtu (18/5/2019) mengatakan, awalnya ia mengikuti seleksi Teladan Nasional tingkat Provinsi Gorontalo pada 2018.

Ia membawa inovasi pos penanggulangan TBC untuk kesehatan masyarakat yang sulit menjangkau Puskesmas.

“Ada tiga kelurahan di Puskesmas Limboto yang masuk dalam kategori sulit yaitu kelurahan Tilihuwa, Polohungo dan Malahu, yang dibuatkan pos untuk mendekatkan akses pelayanan TBC,” ujarnya dilansir Antara.

Dari inovasi tersebut, Vionita terpilih mewakili Gorontalo untuk tingkat nasional di Jakarta.

“Untuk ke Jenewa, kami para Teladan Nasional sudah mempersiapkan makalah tentang program inovasi. TBC masih menjadi isu nasional dan internasional dan program saya menunjang untuk pemberantasan penyakit tersebut,” ucapnya.

Perwakilan yang dipilih melalui seleksi ke Jenewa, Swiss, ujar dia, adalah dari kalangan pemuda dengan umur di bawah 40 tahun.

“Kemudian diseleksi lagi menjadi enam nama, lalu diberikan ke bu Menteri Kesehatan dan terpilih satu saja,” kata dia.

Sementara itu, Ismail Akase Kepala Puskesmas Limboto mengaku merasa bangga karena stafnya bisa mewakili Gorontalo dan Indonesia untuk ke Jenewa pada ajang WHA72.

“Dengan inovasi dan kerja ikhlasnya ia bisa mewakili Indonesia yang menjadi kebanggaan Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo,” ujarnya. (ant/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs