Jumat, 19 April 2024

Prajurit Korps Marinir Gelar Upacara Peringati 111 Tahun Kebangkitan Nasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Upacara memperingati 111 tahun Kebangkitan Nasional digelar prajurit Korps Marinir. Foto: Dispen Kormar

Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M., Komandan Brigif 2 Marinir yang diwakili Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro,M. Tr. Hanla., M. M pimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 tahun di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin (20/5/2019).

Kegiatan diikuti prajurit Kima Brigif 2 Marinir, Yonif 1 Marinir dan Yonif 3 Marinr dengan Komandan Upacara Kapten Mar Heru Susanto tersebut dihadiri Para Perwira dijajaran Brigif 2 Marinir.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Teks Pancasila oleh inspektur upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudi Antara. Dalam sambutannya, Menkominfo mengatakan, Sumpah Palapa merupakan embrio yang paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111, 20 Mei 2019, lanjutnya, sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa, karena saat ini berada dalam situasi pasca pesta demokrasi, yaitu Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompk penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” terang Menkominfo dalam sambutannya.

Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu tahun 2019. Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi.

Mengakhiri sambutannya, Menkominfo menyampaikan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs