Jumat, 26 April 2024

Presiden Meminta Sri Mulyani Tetap Menjabat Menteri Keuangan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sri Mulyani Indrawati memberikan keterangan usai bertemu Joko Widodo Presiden, membahas rencana pemerintah lima tahun ke depan serta posisi menteri, Selasa (22/10/2019), di Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa (22/10/2019), melanjutkan agenda bertemu sejumlah calon menteri untuk membantu menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan.

Di hari kedua proses seleksi calon menteri, Sri Mulyani Indrawati yang periode lalu menjabat Menteri Keuangan, datang pertama di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, ahli ekonomi dan keuangan yang akrab disapa Ibu Ani, memasuki halaman sisi utara Istana Presiden, pukul 09.03 WIB.

Usai bertemu selama sekitar 1 1/4 jam dengan Jokowi, Sri Mulyani menjelaskan ada sejumlah hal yang dibicarakan, antara lain terkait upaya menciptakan lapangan kerja, meningkatkan usaha kecil menengah dan perekonomian melalui berbagai kebijakan.

Kemudian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyebut, dirinya kembali mendapat tugas dari Presiden sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sri Mulyani bilang, Presiden menginstruksikannya menggunakan seluruh kebijakan fiskal untuk membantu para menteri, terutama Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, dan Menteri Koperasi UMKM, demi mewujudkan ketahanan ekonomi.

“Tadi saya menghadap Bapak Presiden dan mendengarkan arahan dari sisi apa yang ingin dicapai pada periode kepempimpinan Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf Amin. Bapak Presiden menugaskan saya tetap di posisi Menteri Keuangan, dan menggunakan seluruh kebijakan fiskal dalam membantu para menteri mewujudkan ketahanan ekonomi,” ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta.

Selain Sri Mulyani, sampai pukul 13.00 WIB, sudah ada beberapa orang calon menteri yang datang ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Masing-masing Syahrul Yasin Limpo politisi Partai NasDem yang pernah dua periode menjabat Gubernur Sulawesi Selatan, dan Agus Gumiwang Kartasasmita politisi Partai Golkar yang pada sisa waktu pemerintahan periode 2014-2019 menjabat Menteri Sosial.

Selanjutnya, Juliari Batubara Anggota DPR RI PDI Perjuangan dapil Jawa Tengah I, Siti Nurbaya Bakar politisi Partai NasDem, dan Suharso Monoarfa politisi Partai Persatuan Pembangunan.

Lalu, sekitar pukul 11.15 WIB, Basuki Hadimuljono teknokrat yang periode lalu menjabat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bertemu Presiden.

Mereka semua para calon menteri yang hadir di Istana Kepresidenan, kompak memakai kemeja warna putih dipadu dengan celana warna hitam. (rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs