Jumat, 4 Desember 2020

Ramadhan, Stok Darah Berkurang 40 Persen

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor darah di kantor PWI Jawa Timur tahun 2018. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Memasuki puasa Ramadhan, Senin (6/5/2019) dipastikan stok persediaan darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya mengalami penurunan. Penurunan hingga 40 persen.

“Dari hasil evaluasi kami beberapa tahun lalu, pada setiap pelaksanaan puasa Ramadhan ternyata memang terjadi penurunan stok persediaan darah ditempat kami hingga 40 persen. Ini memang harus diantisipasi,” terang Triksi Hendria Humas UTD PMI Kota Surabaya, Senin (6/4/2019).

Penurunan stok atau jumlah darah di UTD PMI Kota Surabaya, pada saat bulan Ramadhan, lanjut Triksi terjadi dikarenakan beberapa hal yang memang ada hubungannya dengan pelaksanaan puasa Ramadhan itu sendiri.

Misalnya, tentang kebiasaan melakukan donor darah yang dilakukan masyarakat biasanya pada siang hari, pada bulan Ramadhan berubah menjadi malam hari. Khususnya setelah pelaksanaan Tarawih.

“Perubahan jadwal donor itu juga mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah stok darah di UTD PMI Surabaya. Kalau biasanya pendonor melakukan donor pada siang hari, saat Ramadhan berubah malam hari. Ini juga berpengaruh pada stok persediaan darah kami,” tambah Triksi.

Triksi menegaskan, penurunan stok darah hingga 40 persen memang belum bisa disebut sebagai kondisi kritis. “Tetapi kami harus mencarikan solusi agar stok persediaan darah di tempat kami tetap aman, dan tetap bisa melayani permintaan darah dari masyarakat,” ujar Triksi.

Oleh karena itu, UTD PMI Surabaya melakukan beberapa agenda dalam rangka menjaga stok persediaan darah selama pelaksanaan puasa Ramadhan 2019.

“Kami selain membuka layanan di tempat-tempat umum termasuk di masjid dan gereja, juga di tempat-tempat masyarakat luas berkumpul seperti di Taman Bungkul. Kami juga bekerjasama dengan beberapa instansi untuk menggelar donor darah,” pungkas Triksi.

Layanan donor darah di Taman Bungkul Jl. Raya Darmo, dibuka setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 21.00. “Silahkan pendonor hadir, bisa langsung ke kantor UTD PMI di Jl. Embong Ploso atau ke lokasi-lokasi yang ada seperti di Taman Bungkul,” tutup Triksi.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terguling di Tol

Mobil Nyaris Masuk Sungai di Wiyung

Kebakaran Rumah, 12 PMK Di lokasi

Kecelakaan L300 Tabrak Pembatas Tol Sumo

Surabaya
Jumat, 4 Desember 2020
29o
Kurs