Jumat, 29 Maret 2024

Rata-Rata SMP Swasta Surabaya Baru Penuhi 30 Persen Kuota Murid Baru

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya saat menemui perwakilan massa aksi dari SMP swasta yang berunjuk rasa. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Erwin Darmogo Koordinator Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta Surabaya mengatakan, saat ini rata-rata SMP Swasta di Surabaya baru memenuhi 30 persen kuota murid baru.

“Seumpanya 120 (kuotanya, red), hanya dapat 30 sampai 40 gitu,” ujar Erwin pada Selasa (2/7/2019).

Hal ini, menurut Erwin tak lepas dari kebijakan penambahan pagu bagi SMP Negeri yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Surabaya pada PPDB 2019. Berdasarkan data yang dimiliki MKKS SMP Swasta menyebut bahwa pagu yang awalnya 18976 meningkat hingga menjadi 25323 setelah adanya kebijakan penambahan pagu. Terkait jumlah tersebut, Ikshan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya ditemui terpisah membenarkan hal tersebut.

“Kebutuhan sekolah swasta, daya tampung (se-Surabaya, red) 23 ribu lebih. Akhirnya hanya bisa menampung 16 ribu. Banyak yang kekurangan murid,” tegasnya.

Erwin kembali menegaskan bahwa kebijakan tersebut menyalahi aturan yang telah disepakati pada 27 April 2019 lalu. Saat itu, disepakati bahwa hanya ada 32 pagu per rombel untuk sekolah negeri dan swasta. Menurut Erwin, jika ada siswa yang belum tertampung, maka sekolah Negeri bisa nemampungnya.

Disisi lain, Ikhsan mengatakan, Pemkot Surabaya telah menyiapkan solusi terkait persoalan kurangnya siswa di SMP-SMP swasta. Menurut Ikshan, Pemkot Surabaya menjamin proses pembelajaran di SMP-SMP tersebut meski siswanya berkurang.

“Tapi untuk pembiayaan bisa cukup untuk operasional (melalui Bosnas dan Bopda, red),” tegasnya.

Namun, Erwin menegaskan bahwa yang dibutuhkan SMP Swasta saat ini adalah murid, bukan pembiayaan.

“Terus terang, kalau ada murid, sekolah itu bisa eksis. Karena pendidikan itu ada guru ada murid. Kalau ada guru, gak ada murid, sama aja dong?” pungkasnya. (bas/tin/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs