Kamis, 25 April 2024

Romahurmuziy Ditangkap Diduga Terkait Jual Beli Jabatan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Febri Diansyah Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya penindakan di daerah Jawa Timur di gedung KPK, jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).‎ Foto: Faiz suarasurabaya.net

Febri Diansyah Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya penindakan di daerah Jawa Timur.

Penindakan yang dilakukan itu terkait pengisian jabatan di Kementerian. Informasi yang dihimpun suarasurabaya.net, pengisian jabatan tersebut di Kementerian Agama.

Selain penangkapan Romahurmuziy alias Rommy Ketua Umum PPP, kata Febri, tim KPK juga mengamankan pecahan Rupiah terkait pengisian jabatan tersebut.

“Yang bisa disampaikan yang bisa saya konfirmasi saat ini ada uang yang diamankan dalam pecahan rupiah, diduga itu terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian. Kementerian ini tidak hanya di Jakarta ya, tetapi juga jaringan atau struktur Kementerian yang ada di daerah juga,” ujar Febri di gedung KPK, jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).‎

Febri, belum bisa menyimpulkan penindakan tersebut apakah terkait suap, gratifikasi atau bentuk korupsi lain, karena masih dalam proses penyelidikan tim KPK.

“Jadi kami duga terkait dengan hal itu apakah itu suap, apakah itu gratifikasi atau bentuk korupsi yang lain. Saya kira belum tepat saya sampaikan sekarang karena proses masih berjalan dan ada waktu maksimal 24 jam nanti untuk menentukan status dan nanti akan kami jelaskan secara lebih rinci pada konferensi pers,” jelasnya.

Bagi KPK, kata Febri, bahasa yang lebih tepat terkait penindakan ini terkait dengan pengisian jabatan, misalnya dalam beberapa kasus sebelumnya seperti di Klaten dan Jawa Barat.

“Disebut publik sebagai jual beli jabatan itu, kami tidak merespon itu. Saya kira dalam konteks hukum yang kami duga terjadi adalah diduga ada pemberian dan penerimaan uang terkait pengisian jabatan,” tegasnya.(faz/tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs