Jumat, 26 April 2024
Melaju ke Grand Prix

SMPN 1 Surabaya Raih Dua Medali Emas di BICF 2019

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
One Voice, tim paduan suara dari SMPN 1 Surabaya melaju ke Grand Prix dalam ajang 8th Bali International Choir Festival 2019 di Bali, setelah berhasil memenangkan dua medali emas di kategori paduan suara dan vokal grup. Foto: Istimewa

Berkompetisi selama 5 hari di Bali sejak tanggal 23-27 Juli 2019, SMPN 1 Surabaya akhirnya berhasil meraih dua medali emas dalam ajang 8th Bali International Choir Festival (BICF) 2019. Dalam ajang internasional tersebut, mereka sukses menyabet emas di dua kategori, yakni kategori paduan suara dan vokal grup.

Atas prestasi tersebut, paduan suara bernama One Voice ini berhak melaju ke babak Grand Prix dan menantang belasan tim paduan suara dari dalam dan luar negeri.

Peserta BICF 2019 berasal dari berbagai negara, antara lain, Indonesia, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Filipina, Vietnam, Korea Selatan, Spanyol, China, Thailand, Slovenia, Afrika Selatan, India, dan Sri Lanka.

Jurinya pun juga dari sejumlah negara, yakni, Italia, Amerika Serikat, Slovenia, Vietnam, dan Indonesia.


Titik Sudarti Kepala SMPN 1 Surabaya saat mendampingi tim paduan suara dan vokal grup One Voice dengan kostum fusia di Bali. Foto: Istimewa

Titik Sudarti Kepala SMPN 1 Surabaya mengaku sangat bangga dengan prestasi ini, mengingat One Voice baru pertama kali mengikuti ajang paduan suara internasional di Bali tersebut. Terlebih lagi, saat giliran grup mereka tampil, mic yang mereka gunakan sempat mati. Namun 38 anggota One Voice tetap percaya diri untuk memenangkan kompetisi.

“Jadi ketika babak penyisihan, kita kan urutan 3, pas tim urutan 1 dan 2 tampil masih aman. Lalu pas anak-anak kita tampil ada 3 mic (microphone, red) yang mati. Saya mikir mentalnya gimana, ternyata mereka enggak grogi, oh berarti mental juara ini,” kata Titik kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (27/7/2019).


Persiapan One Voice dengan kostum gold saat tampil di semi final 8th Bali International Choir Festival 2019, Jumat (26/7/2019). Foto: Istimewa

Ia mengaku, One Voice telah melakukan persiapan selama tiga bulan. Untuk menuju ke hari H kompetisi, mereka diharuskan mengadakan konser dan video promotion terlebih dahulu. Untungnya, semua persyaratan itu dapat dipenuhi dan konser yang dilakukan di Balai Budaya Surabaya berjalan lancar.


Persiapan One Voice SMPN 1 Surabaya saat akan tampil di Grand Prix 8th Bali International Choir Festival 2019, Sabtu (27/7/2019). Foto: Istimewa

“Kita disarankan buat video promotion lalu dikirim ke panitia. Dan kita mengadakan konser tanggal 26 Juni lalu di Balai Budaya, baru yang 23-27 Juli berlomba di Bali,” paparnya.

Dalam ajang Grand Prix di Bali, pada Sabtu (27/7/2019) pukul 14.00 WIB nanti, One Voice akan melawan 12 tim paduan suara, baik dari dalam maupun luar negeri.

Tim dari Indonesia yang akan tampil selain One Voice diantaranya PSM UPI Bandung, JKA Youth Choir Bandung dan Pniel Choir Jayapura. Sedangkan tim paduan suara luar negeri yang akan tampil di Grand Prix diantaranya tim paduan suara dari China, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Afrika Selatan, Filipina dan Spanyol.(tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs