Rabu, 21 Oktober 2020

Sejak Semalam Umat Tri Dharma Ikuti Sembahyang Imlek 2570

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Di klenteng Pak Kik Bio Jl. Jagalan, umat berdatangan dan berdoa sejak semalam merayakan Imlek 2570. Foto: Totok suarasurabaya.net

Umat Tri Dharma di Kota Surabaya sejak semalam hingga Selasa (5/2/2019) mendatangi sejumlah vihara dan klenteng-klenteng untuk mengikuti persembahyangan pergantian tahun Imlek 2570.

Di klenteng Hong San Ko Tee Jl. HOS Cokroaminoto, sejak Senin (4/2/2019) malam umat sudah berdatangan untuk mengikuti doa dan persembahyangan menjelang pergantian tahun baru Imlek 2570.

Dijadwalkan pada pukul 24.00, umat bersembahyang bersama dipimpin pendeta untuk menyambut malam pergantian tahun Imlek 2570. Mereka memenuhi altar persembahyangan untuk bersyukur kepada Tuhan atas rejeki dan kesejahteraan tahun lalu dan mendatang.

“Pas jam 12 tadi malam, memang ada sembahyang bersama menyambut pergantian tahun baru. Selasa (5/2/2019) mulai pagi kembali umat berdatangan untuk berdoa memohon berkah dan kesejahteraan di tahun baru,” terang Sugiman pengurus klenteng Hong San Ko Tee.


Umat khusuk berdoa merayakamn Imlek 2570 berdoa agar berlimpah kesejahteraan dan kesehatan di tahun baru. Foto: Totok suarasurabaya.net

Aroma dupa dan nyala lilin berwarna merah memenuhi altar persembahyangan klenteng yang berada di kawasan Jl. HOS Cokroaminoto tersebut. Umat yang datang ke klenteng untuk bersembahyang rata-rata mengenakan pakaian warna merah.

Menurut Sugiman, dipastikan umat akan terus berdatangan hingga malam untuk memanjatkan doa dan bersembahyang dalam rangka memasuki tahun baru Imlek 2570. “Sampai malam. Bisa jadi besok juga masih ada yang datang bersembahyang,” kata Sugiman.

Sementara itu pemandangan yang tidak jauh berbeda juga terlihat di klenteng Pak Kik Bio Jl. Jagalan yang sejak Senin (4/2/2019) malam juga sudah didatangi umat untuk berdoa dan bersembahyang menyambut tahun baru Imlek 2570.

Oen Gi pengurus klenteng Pak Kik Bio menyampaikan bahwa umat pasti terus akan berdatangan sampai malam bahkan juga sampai kesesokan harinya untuk memanjatkan doa agar di tahun baru rejeki berkelimpahan.

“Mungkin sampai Rabu (6/2/2019) masih banyak umat yang datang bersembahyang. Tapi sejak semalam sampai pagi ini memang paling ramai. Biasanya berdoa bersama keluarga terus makan, kumpul-kumpul gitu,” pungkas Oen Gi.

Sejumlah Polisi menjaga lingkungan sekitar klenteng Hong San Ko Tee di Jl. HOS Cokroaminoto dan klenteng Pak Kik Bio Jl. Jagalan, untuk menjaga keamanan dan memberikan rasa nyaman pada masyarakat yang merayakan Imlek 2570.(tok/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Rabu, 21 Oktober 2020
30o
Kurs