Sabtu, 20 April 2024

TKW Tulungagung Meninggal di Taiwan karena Sakit

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Dokumen paspor TKI atas nama Pinasih yang dilaporkan meninggal di Taiwan. Foto: Antara

Seorang tenaga kerja wanita asal Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur, dilaporkan meninggal dunia di tempatnya bekerja di Taiwan karena menderita sakit kronis, meskipun sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Landseed Chungli, Taiwan.

Keterangan tertulis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung, Senin (7/1/2019), menyatakan TKW atas nama Punasih (43) itu dinyatakan meninggal pada Rabu, 2 Januari lalu.

“Pinasih berangkat ke Taiwan sejak Agustus 2018. Sebulan terakhir ia mengidap sakit dan sempat dirawat di rumah sakit, namun akhirnya meninggal,” kata Trining Rahayu Kabid Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja dan Pelatihan kerja Disnaker Tulungagung, seperti ditulis Antara.

Trining mengatakan, informasi yang diterima jajarannya masih terbatas seputar kematian TKW atas nama Pinasih, asal Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan.

Saat berangkat ke Taiwan, Pinasih dinyatakan lolos dan memenuhi syarat untuk berangkat kerja ke luar negeri.

Namun, baru sebulan berada di Taiwan, ibu rumah tangga yang baru awal mengais devisa di Taiwan ini mulai didera sakit.

“Informasi yang kami terima masih terbatas, tetapi dipastikan Pinasih memang meninggal karena sakit dan bukan karena masalah lain atau menjadi korban tindak kriminalitas,” katanya.

Trining melanjutkan, terkait pemulangan jenazah, Disnaker Tulungagung juga belum mendapatkan informasi apapun dari atase ketenagakerjaan. Hingga kini, ia juga belum mendapatkan informasi kepastian jenazah dikirim ke Tulungagung.

“Kami masih terus melakukan koordinasi dengan instansi lain terkait hal ini,” katanya. (ant/dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs