Selasa, 30 April 2024

Tim Jibom Belum Memastikan Aktif Tidaknya Benda yang Diduga Granat

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Tim Pejinak Bom (jibom) Polda Jatim saat melakukan evakuasi terhadap benda yang diduga granat, di sungai dekat Rumah Pompa Dharmahusada, Surabaya, Jumat (1/3/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Tim Pejinak Bom (jibom) Polda Jatim selesai melakukan evakuasi terhadap benda yang diduga granat, di sungai dekat Rumah Pompa Dharmahusada, Surabaya, Jumat (1/3/2019). Proses evakuasi ini berlangsung sekitar 10 menit.

Dari pantauan suarasurabaya.net, Tim Jibom sempat mengalami kesulitan saat mencari benda berbentuk nanas yang terendam air. Sebelumnya, benda diduga granat ini ditemukan di tepian sungai yang keadaannya cukup kering. Namun, saat petugas Jibom datang, volume air bertambah dan merendam benda tersebut.

Setelah beberapa menit pencarian dengan menggunakan metal detektor, benda diduga granat itu ditemukan. Kemudian benda tersebut dimasukkan ke dalam kantong evakuasi dan dibawa ke tabung khusus yang ada di mobil Gegana Polda Jatim.

Kompol Gatot Hariyanto Kapolsek Tambaksari mengaku, pihaknya belum bisa memastikan apakah granat tersebut aktif atau tidak. Hanya saja, saat ditemukan kondisinya sudah berkarat dan pelatuknya juga hilang.

“Kita belum tahu aktif tidaknya yang jelas sudah dibawa oleh Tim Jibom. Tapi kalau kondisinya sudah karatan,” kata Gatot, Jumat (1/3/2019).

Lebih lanjut, saat ini benda tersebut sudah diamankan oleh Tim Jibom. Selanjutnya, barang bukti ini akan diperiksa di Laboratorium Forensik (Labfor) guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami belum tahu aktif atau tidak. Pengirimnya siapa juga masih belum tahu. Nanti tunggu labfor,” tambah Sudamiran Kasatreskrim Polrestabes Surabaya. (ang/tin/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs