Rabu, 1 Mei 2024

Tips Sehat Saat Menjalankan Puasa di Bulan Ramadan

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Purnama suarasurabaya.net

Selama bulan Ramadan, umat muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh sejak imsak hingga azan Magrib tiba. Dr. Niken Sasadhara Sasmita Dokter Umum RS Unair memberikan tips agar tubuh tetap saat selama menjalankan puasa di Bulan Suci ini.

“Jadi selama puasa, yang kita tahu, aktivitas kita tetap sama. Tetap belajar, bahkan ada yang kuliah dan kerja. Menu untuk menjaga puasa agar tetap kuat dan tubuh kita fit, makanan harus bergizi,” ujar Dr. Niken pada Minggu (5/5/2019).

Ia mengatakan, makanan bergizi bisa didapatkan dengan mengonsumsi air secara rutin serta memenuhi kebutuhan protein dan serat. Air bagi tubuh sangat penting, karena komposisi tubuh manusia paling banyak terdiri dari air. Ia menyarankan, agar masyarakat mengonsumsi air putih 8 gelas sehari.

Sedangkan, protein bisa didapat dari lauk-pauk dan serat bisa didapatkan dari sayur dan buah. Selain itu, karbohidrat juga dibutuhkan untuk kecukupan energi. Meski begitu, makanan dengan protein tinggi juga mengandung gula yang mengandung kalori untuk mencukupi energi selama akrivitas hari itu.

Ia juga memberi tips sehat ketika menjalankan ibadah sahur dan berbuka puasa. Ia mengingatkan masyarakat agar tidak melewatkan makan sahur. Menurutnya, sahur sangat berpengaruh pada kecukupan energi hingga waktu berbuka tiba.

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat agar tidak berbuka puasa secara berlebihan. Hal ini tidak baik secara medis karena kondisi organ pencernaan harus melakukan adaptasi dulu setelah seharian tidak memproses makanan.

“Organ kita tadinya kosong, terus langsung diisi. Takutnya kerjanya makin berat, kalorinya langsung numpuk gitu. Nanti untuk aktivitas berikutnya mungkin salat tarawih, akan terganggu. Bahasa awamnya, kalau kekenyangan jadi males, ya betul, karena proses pembakaran itu tadi, jadi untuk aktivitas selanjutnya terganggu,” pungkasnya. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs