Jumat, 3 April 2020

Tol Layang Japek Dibuka untuk Publik Minggu 15 Desember 2019

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pengumuman pembukaan sekaligus pengoperasian Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated pada Minggu 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB oleh Jasa Marga. Dokumentasi Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan jalan tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated akan resmi dibuka untuk publik pada Minggu 15 Desember 2019 pukul 06.00 WIB.

“Mulai Minggu (15/12/2019) pukul 06.00 WIB, pengguna jalan, khususnya yang menempuh jarak jauh, dapat mulai menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu,” ujar Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangan resmi yang dirilis Antara.

Heru juga menambahkan bahwa jalan tol layang Japek ini untuk sementara waktu dioperasikan tanpa tarif atau gratis.

Jasa Marga mengingatkan kembali akses pengguna jalan untuk dapat melewati jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini.

“Untuk arah Cikampek, pengguna jalan dapat melalui Jalan tol dalam kota dari arah Halim/Cawang dan masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) melalui akses di Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah,” kata Heru.

Sedangkan untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, Heru menjelaskan bahwa pengguna jalan dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR, sementara untuk pengguna jalan dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR.

“Untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Km 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah yang nantinya dapat keluar di Simpang Susun Cikunir Km 10 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah arah Halim/Cawang, keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8,” ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga tersebut.

Sebelumnya Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) akan dibuka untuk publik sekitar tiga sampai dengan lima hari usai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/12/2019).

Menteri PUPR juga memastikan bahwa tol layang Japek sudah dapat digunakan masyarakat sebelum libur Natal dan Tahun Baru. Pembukaan jalan tol Jakarta-Cikampek sepanjang 36 km tersebut akan diberlakukan gratis hingga libur Natal dan Tahun Baru 2020 usai.

Dengan adanya penambahan tol layang Jakarta-Cikampek, akan sangat membantu mengurangi kemacetan yang akan memangkas pula waktu tempuh Jakarta-Bandung dan sekitarnya, serta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.(ant/iss)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Surabaya
Jumat, 3 April 2020
30o
Kurs