Kamis, 25 April 2024

UTBK Usai, Ini Tips Lolos SBMPTN di PTN Idaman

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Junaidi Khotib Warek 4 Unair (kiri) saat ditemui di Unair, Surabaya pada Minggu (26/5/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

UTBK gelombang kedua resmi selesai digelar pada Minggu (26/5/2019). Junaidi Khotib Warek 4 Unair mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dipahami dan dicermati para calon mahasiswa agar lolos Prodi dan PTN yang mereka idamkan.

Ia menyebut, ada dua hal yang perlu diamati, yaitu kemampuan dan passion calon mahasiswa. Kemampuan berhubungan dengan nilai yang mereka dapatkan di UTBK, sedangkan passion berhubungan dengan minat yang bersangkutan pada Program Studi.

Terkait kemampuan, para calon mahasiswa perlu melihat statistik nasional tentang hasil UTBK. Mereka bisa mengaksesnya di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Junaidi mengatakan, saat ini statistik nilai untuk gelombang 1 sudah dirilis.

“Dengan statistik itu mereka bisa tau, posisi saya di nasional seperti apa, apakah nilai tinggi atau dibawah rata-rata. Sekarang sudah keluar angka itu untuk gelombang satu. Gelombang dua, nanti akan dikeluarkan, sehingga siswa tau dia berada di kemampuan yang mana,” ujar Junaidi di Unair, Surabaya pada Minggu (26/5/2019).

Calon mahasiswa juga bisa melihat keketatan seleksi per prodi pada tahun lalu untuk memberi gambaran tentang prodi yang diinginkan. Meski begitu, Junaidi memprediksi, keketatan ini akan bergeser akibat sistem baru dalam seleksi SBMPTN.

“Dengan sistem baru ini, maka tentu mereka tahu nilai (terlebih dahulu, red) baru mendaftar. sehingga kompetisi ini sudah terbuka secara nasional,” katanya.

Ini tentu berbeda dengan sistem lama dimana peserta akan mendaftar prodi terlebih dahulu baru melaksanakan tes.

Terkait Passion, Junaidi mengimbau calon mahasiswa untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat mereka. Ia mencontohkan, jika minat calon mahasiswa ada di kesehatan, maka pasti mereka akan lebih mudah belajar biologi dan pelajaran serupa.

“Sehingga bisa diterima di prodi yang diinginkan. Kalau kami melihat, yang sukses itu memang passionnya disana. Memang kemampuan dia lebih menyukai keilmuan yang sesuai,” jelas Junaidi.

Sebagai informasi, para calon mahasiswa ini sudah bisa mendaftar SBMPTN mulai tanggal 10 Juni hingga 24 Juni 2019 mendatang. Seluruh penilaian akan menggunakan nilai UTBK dan untuk prodi yang mengharuskan kemampuan khusus, akan ditambahkan nilai dari portopolio. (bas/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs