Jumat, 19 April 2024

Viral Kopi Sasetan Mudah Terbakar, Begini Penjelasan BPOM

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi kopi sachet. fOTO: SpeedKingz /Shutterstock

Penny K Lukito Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan adanya video viral di jagad maya yang menunjukkan kopi sasetan mudah terbakar bukan berarti bahannya berbahaya, tetapi karena materialnya reaktif terhadap api.

Dalam pernyataan yang dipantau di Jakarta, Penny Lukito menyebutkan bahwa sejumlah kopi sasetan yang terdaftar di BPOM merupakan kategori minuman serbuk kopi gula krimer.

Adapun di media sosial kerap diposting ulang soal video kopi sasetan sejumlah merk mudah terbakar saat disulut dengan korek api. Dari fenomena yang ada, netizen atau warganet kerap menganggap isu tersebut sebagai hal baru, meski sejatinya hanya posting ulang.

Penny Lukito Kepala BPOM mengatakan, komposisi produk kopi sasetan itu antara lain gula, krimer nabati, dan kopi bubuk instan. Sejumlah produk kopi sasetan yang memiliki izin edar BPOM telah melalui evaluasi keamanan dan mutu.

Kopi sasetan yang terdaftar di BPOM itu berbentuk serbuk, ringan, berpartikel halus, mengandung minyak, dan memiliki kadar air yang rendah. Kemungkinan yang mudah terjadi material tersebut sangat mudah terbakar, jelas Penny, seperti dilansir Antara.

Penny mengatakan, sejumlah produk pangan yang memiliki rantai karbon kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar atau menyala jika disulut dengan api. Akan tetapi, hal itu bukan berarti produk tersebut berbahaya jika dikonsumsi.

“Di sekitar kita terdapat banyak bahan pangan yang mudah terbakar, seperti terigu, kopi bubuk, kopi-krimer, merica bubuk, cabe bubuk, kopi instan, putih telur, susu bubuk, pati jagung, biji-bijian, kentang. Hal ini bukan berarti bahan pangan tersebut berbahaya atau tidak aman untuk dikonsumsi,” jelas dia.

Apabila masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Contact Center HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533 (pulsa lokal). Bisa juga SMS ke 081219999533, surel [email protected] dan twitter @HaloBPOM1500533.

Selain itu, BPOM juga menyediakan saluran untuk masyarakat melalui Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs