Jumat, 29 Maret 2024

PBB: Emisi Gas Rumah Kaca Capai Rekor Baru, Dapat Membawa Efek Merusak

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi

Emisi gas rumah kaca melonjak ke tingkat rekor tahun lalu dan suhu dunia bisa naik lebih dari dua kali lipat batas pemanasan yang disepakati secara global jika tidak ada yang dilakukan, sebuah laporan AS menunjukkan pada hari Selasa (26/11/2019).

“Laporan Kesenjangan Emisi” adalah salah satu dari beberapa penelitian yang dirilis menjelang pembicaraan iklim di Madrid minggu depan yang bertujuan memacu para pemimpin dunia untuk membatasi perubahan iklim.

Ini mengukur jumlah pengurangan emisi yang diperlukan untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius (2,7 Fahrenheit) di atas tingkat pra-industri, sebagaimana disepakati dalam Perjanjian kunci Paris 2015. Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim tahun lalu memperingatkan perubahan besar global jika target itu tidak terpenuhi, seperti hilangnya hampir semua terumbu karang dan sebagian besar es laut Kutub Utara.

Di bawah janji nasional saat ini untuk mengurangi emisi, “suhu dapat diperkirakan akan naik sebesar 3,2C abad ini, membawa dampak iklim yang luas dan merusak,” kata ringkasan laporan oleh Program Lingkungan U.N. Program Lingkungan (UNEP).

“Menjadi seorang kakek – kami tidak ingin meninggalkan itu untuk cucu-cucu kami,” kata pemimpin penulis laporan itu, John Christensen, pada konferensi pers seperti dikutip Reuters dan dilansir Antara.

Laporan itu mengatakan ambang batas suhu paling aman yang ditetapkan di Paris – 1,5C – masih dapat dicapai, tetapi akan membutuhkan pengurangan emisi 7,6 persen per tahun antara 2020-2030, kata laporan itu. Membatasi kenaikan ke 2C itu berarti pemotongan tahunan 2,7 persen.

“Kami berbicara tentang perubahan transformasional sekarang – perubahan bertahap tidak akan berhasil. Kami hanya perlu mengubah masyarakat dalam 10 tahun ke depan,” kata Christensen.

“Semakin lama kamu menunggu, semakin sulit jadinya.”

Laporan tersebut menunjukkan bahwa emisi, termasuk yang berasal dari perubahan penggunaan lahan seperti deforestasi, belum memuncak dan naik ke rekor 55,3 gigaton setara karbon dioksida pada 2018.

Christensen mengatakan beberapa dari mereka yang telah memenuhi target mereka dengan nyaman, seperti Turki dan Rusia, harus memperketat mereka secara signifikan.

Laporan tersebut menyebut Amerika Serikat sebagai salah satu dari beberapa penghasil emisi besar di samping Brasil dan Jepang yang gagal memenuhi targetnya sendiri, atau Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional (NDC). Bulan ini, administrasi Trump mengajukan dokumen untuk keluar dari Perjanjian Paris pada langkah pertama dari proses penarikan formal.

Negara-negara menghadapi tenggat waktu tahun 2020 untuk menetapkan janji pengurangan emisi yang lebih ambisius.

“Seandainya kita melakukannya 10 tahun yang lalu, itu akan lebih mudah,” kata Inger Andersen, Direktur Eksekutif UNEP. “Tapi sekarang waktunya dan kesempatan sekarang.”(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs