Selasa, 21 Mei 2024

Risma: Rekrutmen Dirut PD Pasar Tidak Mendesak

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di rumah kediaman Jalan Sedap Malam, Sabtu, (1/6/2019). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menegaskan rekrutmen calon dirut Perusahaan Daerah Pasar Surya Kota Surabaya, Jawa Timur, tidak terlalu mendesak untuk segera dibuka dalam waktu dekat ini.

“Saya pikir mereka (direksi PD Pasar) sudah bisa jalan. Maksudnya tidak terlalu mendesak,” kata Wali Kota Risma di Surabaya, seperti dilansir Antara.

Risma menilai direksi PD Pasar yang ada saat ini kinerjanya sudah bagus. Artinya jika nantinya Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PD Pasar yang saat ini dijabat oleh Direktur Teknik dan Usaha Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Muhibuddin bisa diperpanjang lagi.

“Alhamdulillah direksinya bagus-bagus. Ya tidak apa-apa,” ujarnya pula.

Apalagi, lanjut dia, selama ini pihaknya kesulitan mencari calon dirut PD Pasar yang benar-benar berkualitas untuk bisa membesarkan perusahaan daerah milik Pemerintah Kota Surabaya itu. Hal ini dibuktikan dengan sudah digelar rekrutmen PD Pasar sebanyak tiga kali, namun hasilnya selalu ditolak Risma.

“Cari yang bagus yang benar-benar konsen itu sulit. Berapa kali saya batalin,” ujarnya lagi.

Pemkot Surabaya telah tiga kali melakukan rekrutmen dirut PD Pasar, namun selalu gagal karena belum ada yang sesuai dengan kriteria Wali Kota Surabaya.

Adapun kriteria yang dimaksud adalah lulus seleksi uji kelayakan dan kepatutan dengan nilai bagus, punya rekam jejak tidak hanya dilakukan di perusahaan asal, tapi juga di lingkungan terdekat calon direktur serta punya sifat melayani dan mengabdi pada masyarakat atau pedagang.

Rekrutmen ketiga yang dilakukan Pemkot Surabaya pada Oktober 2018 diketahui sudah ada tiga nama yang diserahkan ke Wali Kota Surabaya, yakni RM Muchlissaleh Diponegoro yang berpengalaman menjadi Komisaris Utama PT Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi Hilir di Sumatera Selatan, Teguh Wijayanto mejabat Business Analyst Architect di TR Private Consultane, dan Zandi Ferriansa yang sebelumnya menjabat Direktur Teknis dan Usaha PD Pasar Surya.

Hanya saja dari tiga nama tersebut, Wali Kota Risma menilai belum ada yang sesuai kriteria, sehingga harus dibuka lagi untuk rekrutmen keempat kalinya.

Diketahui anggaran untuk sekali rekrutmen dirut PD pasar mencapai Rp200 juta hingga Rp250 juta.(ant/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs