Senin, 29 April 2024

Rudiantara: Pers Tidak Perlu Takut, Teknologi Digital Hanya Sebuah Cara

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rudiantara Menkominfo saat membuka "Pameran Karya" dalam rangka Hari Pers Nasional, di Grand City Convex, Surabaya, Kamis (7/2/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) telah membuka secara resmi “Pameran Karya Pers dan Teknologi Informasi” di Grand City Convex, Surabaya, Kamis (7/2/2019).

Peresmian ini ditandai dengan pemukulan gong bersama Soekarwo Gubernur Jawa Timur dan Atal S Depari Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Rudiantara mengatakan, pers dan digital sebenarnya hadir bersamaan. Saat ini digitalisasi telah mengubah pola ekonomi masyarakat terutama dengan adanya e-commerce.

“Transaksi e-commerce tercatat terakhir kali sebesar 12,5 miliar dolar. Sedangkan aktivitas ekonomi digital secara keseluruhan mencapai 50 miliar dolar,” katanya.

Pada 2020 mendatang, Menkominfo memperkirakan aktivitas ekonomi digital ini akan mencapai 130 miliar dolar.

Pers, kata dia, juga tidak terlepas dari perkembangan teknologi digital tersebut. Namun Rudiantara menegaskan pers tidak perlu takut.

“Teknologi digital hanya sebuah medium, sebuah cara penunjang,” pungkasnya.

Rudiantara menekankan, apabila pers menjalankan profesionalisme dan etika jurnalistik dengan baik, maka industri pers Indonesia akan tetap tumbuh dengan baik pula. (den/wil/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs