Sabtu, 25 Mei 2024

Survei SSC: Kinerja Risma Memuaskan, Bisa Jadi Beban Wali Kota Berikutnya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menunjukan trofi kemenangan Guangzhou Award. Foto: Dok. Abidin suarasurabaya.net

Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) merilis kepemimpinan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya terbukti sukses memuaskan rakyat. Mayoritas dari 1000 responden merasa puas terhadap kinerja Risma yang hampir selesai di dua periode ini.

Surokim Abdussalam Peneliti SSC mengatakan, sebanyak 78.4 persen responden mengaku puas dengan kinerja Pemerintah Kota Surabaya di bawah kendali Wali Kota Risma. Hanya di angka 8.8 persen yang merasa tidak puas, dan 12.8 persen menjawab tidak tahu.

Surokim mengatakan, kalau melihat angka 78,4 persen kepuasan masyarakat, itu merupakan tingkat pencapaian di atas rata-rata untuk kinerja incumbent. Menurut dia, itu juga akan menjadi tantangan bagi siapapun yang bisa menggantikan Risma. Karena akan punya beban yang sama untuk meraih kepuasan sebesar itu.

“Oleh karena itu, Pilwali Surabaya 2020 nanti tidak akan mudah bagi siapapun, karena tingkat kepuasan incumbent di atas rata-rata. Karena siapapun yang jadi dalam Pilwali Surabaya nanti, capaian Risma ini menjadi patron bagi masyarakat untuk mengukur kepuasan kinerja,” ujarnya dalam rilis di Hotel Yello Surabaya, Rabu (9/1/2019).

Meski demikian, menurut Surokim, bukan berarti kepemimpinan dan program yang dilakukan oleh Wali Kota Risma dapat berjalan dan diterima dengan mulus. Beberapa hal perlu menjadi perhatian serius. Di antaranya PR besar bagi Pemkot Surabaya setelah masa jabatan Wali Kota Risma habis, adalah terkait banjir dan kemacetan di sejumlah titik di Surabaya.

Sekadar diketahui, hasil survei yang dirilis oleh SSC ini berdasarkan pada survei yang dilaksanakan mulai tanggal 20-31 Desember 2018 di 31 Kecamatan di Kota Surabaya.

“Riset ini dilakukan menggunakan 1000 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3.1 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen,” kata Surokim. (bid/dim)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
26o
Kurs