Jumat, 26 April 2024

3 Strategi Satgas Ubah Perilaku Masyarakat Terapkan Prokes

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Brigjen Irwan Amrun Kasubid Mitigasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (22/11/2020). Foto: Eddy suarasurabaya.net

Brigjen Irwan Amrun Kasubid Mitigasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 mengatakan, masih ada 17 persen rakyat Indonesia yang belum percaya pandemi Covid-19. Padahal, “vaksin” yang paling ampuh adalah perubahan perilaku masyarakat.

Oleh karena itu, kata Irwan, Satgas Covid-19 menerapkan tiga strategi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan.

Pertama, menyentuh pada keyakinan seseorang. “Mau gak Anda memberikan kebaikan bagi orang lain atau jadi penyebab orang lain sakit. Tentunya kita mau jadi kebaikan bagi orang lain,” ujarnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (22/11/2020).

Kedua, subjective norm melalui komunitas. Misal komunitas yang anggotanya ibu-ibu membuat quote, “Ibu tangguh gunakan masker.” Sehingga terbentuk kontrol sosial, ibu-ibu yang tidak pakai masker, tidak tangguh.

Ketiga, akses kemudahan yang diberikan otoritas kekuasaan. “Misal, mau cuci tangan, ada akses untuk cuci tangan. Juga adanya pesan atau penanda untuk mengingatkan masyarakat jaga jarak,” kata Irwan.(iss)

 

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs