Jumat, 26 April 2024

Satgas Terus Kawal Pengembangan Vaksin Merah Putih

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19. Foto: covid19.go.id

Wiku Adisasmito Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan pihaknya terus mengawal pengembangan vaksin Merah Putih buatan dalam negeri.

“Vaksin dalam negeri sedang dikembangkan enam universitas dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia. Kami terus kawal dan dukung pengembangan dengan baik,” ujar Wiku dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Dia menyampaikan bibit vaksin Merah Putih diharapkan dapat diserahkan kepada PT Bio Farma pada tahun 2021. Selanjutnya, PT Bio Farma akan melakukan uji klinis tahap satu sampai tiga.

Jika seluruh tahapan uji klinis berjalan baik, maka izin edar vaksin Merah Putih diproyeksikan diperoleh akhir tahun 2021. Dan akan didistribusikan pada awal tahun 2022.

Adapun untuk jangka pendek, pemerintah akan mengandalkan kandidat vaksin buatan luar negeri, yang akan dipastikan keamanan dan kehalalannya dan terdaftar di WHO.

Menurut Wiku, berbagai kandidat vaksin dari luar negeri berada pada tahap uji klinis untuk memastikan keamanan, efektivitas, dan dosis aman.

“Kami berharap vaksinasi massal bisa dilakukan secepatnya,” ujar Wiku.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs