Sabtu, 27 April 2024

35 Kecelakaan Terjadi di Cangar Sepanjang 2019

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pertolongan pada kecelakaan pengendara yang mengalami rem blong di Cangar. Foto: Fuad Maja FM.

Sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 jalur Cangar, Pacet, Kabupaten Mojokerto terjadi sebanyak 35 kali Kecelakaan. Jalur curam hingga mengakibatkan rem blong menjadi satu-satuya faktor tejadi kecelakaan.

“Hari ini aja sudah terjadi empat kali kecelakaan Rem blong,” ungkap Saiful Anam Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Mojokerto kepada Fuad Maja FM, Rabu (1/1/2020).

Kata dia setiap awal tahun, jalur Cangar yang menghubungkan ke wilayah Batu, Malang selalu menjadi akses utama bagi wisatawan untuk berlibur. Sehingga penumpukan kendaraan di sepanjang jalur Cangar selalu di penuhi kendaraan roda dua maupun mobil pribadi.

Selain itu, jalur curam juga menjadi faktor terjadinya kecelakaan akibat rem blong, terlebih saat pengendara dari arah Batu menuju Pacet. Hal tersebut juga tidak di dukung dengan kemampuan para pengendara.

“Masih banyak pengendara yang tidak hafal medan. Selain itu juga rata rata pengendara kalau turun remnya terus digunakan, padahal kan ada teknisnya agar aman. Sebaiknya berhenti dulu untuk mendinginkan rem,” terangnya.

Menurutnya sejak cuti Natal pada 24 Desember 2019 hingga hari ini awal tahun 2020 sudah terjadi sebanyak 35 kali kecakaan di jalur Cangar, Pacet Mojokerto.
“Yang terparah pada tanggal Kamis 26 Desember, itu sehari ada 8 kali kejadian rem blong, yang jelas dalam sehari minimal dua kali kejadian rem blong,”paparnya.

Namun demikian, dari sekian banyaknya kendaraan yang mengalami rem blong, rata rata korban selamat.

“Alhamdulillah rata-rata pengendara selamat. Untuk hari ini, ada empat kejadian dua di tikungan Gotean, yang dua lagi di reas area, semua korban selamat hanya mengalami luka ringan dan langsung di bawa ke rumah sakit,” paparnya.

Kata Anam, rata-rata yang mengalami kecelakaan akibat rem blong di dominasi kendaraan roda dua dan masyarakat luar daerah, seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo dan Mojokerto.

Selama libur Nataru, petugas kepolisian/TNI berserta instansi yang bersangkutan dan puluhan relawan di siagakan di jalur jalur rawan kecelakaan di kecamatan Pacet Mojokerto.

“Untuk hari ini, sesuai absen ada 70 relawan yang disiagakan. Para relawan ini di bagi di beberapa titik, diantaranya di Pos PAM, Jalur menuju wanawisata Air panas padusan dan selebihnya di jalur Cangar,” tuturnya.

Selain itu, para relawan juga menyiapkan sebanyak tiga ambulan di jalur Cangar. Tak hanya itu di sepanjang jalan Cangar para relwan selalu memberikan himbauan bagi setiap pengendara yang melintas. (fad/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs