Jumat, 19 April 2024

451 Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo Diresmikan Serentak

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya dan Irjen Pol Muhammad Fadil Imran Kapolda Jatim meresmikan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo secara simbolis di kampung Jalan Wonorejo II, Kecamatan Tegalsari, Jumat (12/6/2020). Foto : Istimewa

Sebanyak 451 Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo di berbagai titik di Surabaya diresmikan serentak hari ini, Jumat (12/6/2020).

Pengukuhan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo dilakukan secara simbolis di kampung Jalan Wonorejo II, Kecamatan Tegalsari oleh Irjen Pol Muhammad Fadil Imran Kapolda Jatim dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Sebelum peresmian secara simbolik, Risma menyempatkan video conference dengan ratusan kampung tangguh secara bergantian. Risma memotivasi seluruh kampung agar bergerak bersama menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Irvan Widyanto Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya mengatakan, kebiasaan di kampung tangguh ini selain protokol kesehatan juga meningkatkan kesadaran empati kepada pasien Covid-19.

“Ada tradisi penyambutan bagi pasien yang telah sembuh. Penyambutan cukup beragam ada yg menyalakan kembang api, hadrah dan syukuran tumpeng,” katanya kepada suarasurabaya.net di lokasi.

Irvan mengatakan, kampung tangguh ini juga mengajak seluruh warga tidak lagi menstigma pasien Covid-19. Warga didorong bisa saling bersolidaritas mengayomi para pasien Covid-19 di daerah masing-masing.

“Biasakan yang tidak biasa bersama pasti kita bisa,” katanya.

Sekadar diketahui, dari jumlah total 1.390 RW di Surabaya setidaknya sudah terbentuk kampung tangguh di 1.339 RW. Kampung tangguh ini diharapkan berjalan terus untuk menerapkan kedisiplinan warga menghadapi Covid-19. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs