Selasa, 19 Maret 2024

Cegah Covid-19, “Kampung Wani Jogo Suroboyo” Sudah Dibentuk di 31 Kecamatan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Penjagaan ketat bagi masyarakat yang akan memasuki kawasan RW 3 Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut. Foto: Istimewa

Pemkot Surabaya terus berupaya menekan angka penularan virus corona (Covid-19) di Kota Pahlawan. Salah satunya, dengan membentuk “Kampung Wani Jogo Suroboyo” sebagai salah satu upaya penanganan percepatan Covid-19 di wilayah setempat.

Irvan Widyanto Wakil Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya mengatakan, kampung tersebut saat ini sudah terbentuk di 31 kecamatan di Surabaya. Itu juga ditandai dengan SK Camat, untuk pembentukan satuan Gugus Tugas “Kampung Wani Jogo Suroboyo”.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan Bu Wali, kita jangan alergi dengan angka. Artinya semakin kita banyak tahu angka dan siapa penderitanya, otomatis kita juga semakin bagaimana cara untuk mengendalikan dan mencegah agar tidak meluas lagi. Salah satunya dengan pembentukan Kampung Wani Jogo Suroboyo,” kata Irvan kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (2/6/2020).

Irvan mengaku, adanya “Kampung Wani Jogo Suroboyo” tingkat RW tersebut bisa memonitoring perkembangan Covid-19 dan melakukan pencegahan di wilayahnya. Dalam hal ini, warga setempat turut dilibatkan sebagai satuan gugus tugas.

Menurut Irvan, pandemi ini tidak bisa ditangani oleh pemerintah saja, melainkan harus bersama-sama dengan warga.

“Kalau bisa dikendalikan di tingkat RW atau kampung, otomatis yang di hilir ini tidak kehabisan tenaga. Bisa dikendalikan di tingkat kampung. Misalnya, siapapun yang mau keluar, masuk dari kampung tersebut dilakukan pencatatan dan ditanyakan keperluannya apa. Termasuk yang keluar gak pakai masker,” ujarnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
31o
Kurs