Selasa, 23 April 2024

459 Bencana Hidrometeorologi Terjadi di Jatim, Terbanyak Angin Kencang

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Desain grafis: suarasurabaya.net

Total ada 459 bencana hidrometeorologi yang terjadi di Jawa Timur sampai akhir Desember 2019.

Data tersebut meliputi 209 kejadian angin kencang dan puting beliung, 115 kejadian banjir, 87 kebakaran hutan dan lahan dan 34 kejadian tanah longsor.

“Angin kencang dan angin puting beliung menduduki peringkat 1 dan paling banyak terjadi di Jawa Timur selama 2019 kemarin,” kata Subhan Wahyudiono Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur.

Dari 459 bencana yang terjadi ini, lanjut dia, telah menelan 15 korban jiwa, 64 korban luka-luka dan 2.234 warga mengungsi.

Selain itu juga merusak 4.963 unit rusak, 12.628 rumah terendam banjir dan 150 fasilitas umum rusak seperti tempat peribadatan, pendidikan dan kesehatan.

“Dibandingkan 2018 lalu jumlahnya lebih tinggi sedikit. Pasalnya perbandingan ini juga dilihat dari jumlah korban jiwa. Dari tahun sebelumnya, jumlah korban yang agak bertambah saat bencana angin puting beliung yang terjadi di Batu, Bangkalan dan Bojonegoro,” kata Subhan pada Radio Suara Surabaya.

Dengan banyaknya bencana hidrometeorologi ini, kata Subhan, BPBD sudah mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran dan Forkompimda. Selain itu, Polda Jatim juga sudah membuat posko di seluruh Polres untuk mengoptimalkan seluruh penanganan bencana. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs