Kamis, 9 Februari 2023

53 Warga Binaan Lapas Sidoarjo Terpapar Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pertemuan Kanwilkumham Jatim dengan Gubernur Jawa Timur. Foto : Kanwilkumham Jatim

Sebanyak 53 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, terpapar virus corona atau Covid-19 sehingga mereka harus menjalani isolasi di ruang kesehatan lapas setempat.

Gun Gun Gunawan Kalapas Kelas I Surabaya di Porong melalui sambungan telepon di Sidoarjo, Kamis (27/8/2020) mengatakan, selain 53 WBP juga ada empat orang pegawai yang juga terpapar virus corona itu.

“Untuk pegawai semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedangkan untuk WBP sebanyak 47 di isolasi ruang kesehatan lapas dan enam harus menjalani isolasi perawatan di RSUD Kabupaten Sidoarjo,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan, untuk antisipasi jangan sampai ada kasus terulang lagi meninggalnya napi, pihaknya bersama jajaran sedang memilah-milah napi yang sudah memiliki usia lanjut.

“Ada kendala juga untuk memilah mereka, namun ini demi kesehatan maka terpaksa tetap dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Kanwil Kemenkumham Jatim terus berupaya untuk menyelesaikan penyebaran Covid-19 di lapas atau rutan, salah satunya dengan menggelar koordinasi dengan Gubernur dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jatim.

Dalam pertemuan yang digelar di Gedung Negara Grahadi itu, Kakanwil Krismono di dampingi Gun Gun Gunawan Kalapas Surabaya dan Hero Sulistiyono Kabid Pembinaan.

Sedangkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di dampingi dr Joni Wahyuhadi Ketua Gugus Tugas Kuratif Covid-19 Jatim dan direktur RS Saiful Anwar Malang dan direktur RSJ Menur Surabaya.

Kakanwil menyampaikan kondisi terkini lapas atau rutan di Jatim terutama kondisi kesehatan para WBP di Lapas Surabaya dan Lapas Mojokerto.

Menurutnya, sejak pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, pihaknya telah melakukan langkah-langkah penanganan Covid-19.

“Mulai dari menerapkan protokol kesehatan, sosialisasi pola hidup sehat dan peniadaan kunjungan,” ujarnya dalam keterangan tertulis.(ant/iss/lim)

Berita Terkait