Sabtu, 20 April 2024

Adu Kreativitas, Universitas Ciputra Gelar Stand Up For Mental Health

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Stand Up For Mental Health digelar Fakultas Psikologi Universitas Ciputra untuk pelajar SMA. Foto: Totok suarasurabaya.net

Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (UC) Surabaya gelar adu kreativitas dan kemampuan Bahasa Inggris untuk siswa SMA, Jumat (7/2/2020) dalam kemasan Stand Up For Mental Health.

Sekurangnya 100 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari sejumlah sekolah di Samarinda, Kediri, Blitar, dan Surabaya mengikuti kegiatan Increase (Inovation and Creation of Psycopreneur in Society). Tema yang dipilih: Improving Youth for Better Mental Health.

Novensia Wongpy S.Psi., M.Psi., Psikolog menyampaikan bahwa tema dipilih karena berhubungan dengan kesehatan mental yang belakangan memang marak di tengah-tengah masyarakat.

“Tema yang kami pilih memang berkaitan dengan kesehatan mental, yang pada masyarakat belakangan ini marak dan bertebaran di media sosial. Kasus-kasus bunuh diri, bullying, insecurity banyak di media sosial, bahkan juga bertebaran di media-media mainstream,” terang Novensia.

Dari sejumlah penelitian, lanjut Novensia, pada usia remaja menuju dewasa awal, adalah usia yang masih sangat rentan dengan masalah-masalah kesehatan mental, dan oleh karenanya tema yang dipilih memang kerap dialami remaja.

“Berdasarkan penelitian serta dari sejumlah sumber yang ada, ternyata pada usia remaja menuju dewasa awal merupakan usia yang sangat rentan dengan masalah-masalah kesehatan mental. Ini yang memang ada di tengah masyarakat kita,” tambah Novensia.

Pada even ini, peserta punya kesempatan memilih jenis-jenis lomba, diantaranya lomba Majalah Dinding atau lomba Bahasa Inggris. Untuk lomba majalah dinding para peserta diharapkan mampu menyampaikan ide-ide bahkan pemikiran-pemikiran tentang kepedulian pada kesehatan mental.

Sedangkan pada lomba berbahasa Inggris, selain menguji peserta dalam kemampuan berbahasa Inggris, peserta juga didorong untuk berani speak up terhadap isu yang sedang marak saat ini yaitu kesehatan mental.

Novensia berharap bahwa dengan mengikuti Increase (Inovation and Creation of Psycopreneur in Society) gelaran Universitas Ciputra ini siswa-siswa SMA yang merupakan remaja bisa lebih sadar menjaga kesehatan mental dan menjadi duta kesehatan mental bagi orang lain di lingkungan sekitarnya.

“Harapan kami, setelah selesai mengikuti Increase (Inovation and Creation of Psycopreneur in Society), ke depan nanti para siswa sebagai remaja memiliki kesadaran untuk menjaga dan menyadari pentingnya kesehatan mental, sekaligus mampu dan mau jadi duta kesehatan mental bagi masyarakat di sekitarnya,” pungkas Novensia.

Acara Stand Up For Mental Health gelaran Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (UC) , dijadwalkan digelar mulai Jumat (7/2/2020) hingga Sabtu (8/2/2020) dan seluruhnya dilaksanakan di kampus Universitas Ciputra Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs