Senin, 29 April 2024

Blake Picu Ketinggian Gelombang di Perairan Selatan Jatim Hingga Capai 4 Meter

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Desain grafis: suarasurabaya.net

Terbentuknya badai tropis Blake tak hanya memicu cuaca ekstrim tapi juga memicu gelombang tinggi di perairan Jawa. Diantaranya Laut Jawa timur Masalembu capai 2-3 meter dan perairan selatan Jatim capai 3-4 meter.

Fajar Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengatakan, saat ini badai tropis Blake yang tekanan udaranya 993 hectopascal ini bergerak menuju selatan daratan Australia.

“Kami pantau sejak tadi malam yang awalnya bibit ini akhirnya jadi badai tropis. Semakin kecil tekanannya akan semakin kuat badainya. Badai tropis ini diperkirakan masih akan bertahan 2-3 hari ke depan,” kata Fajar pada suarasurabaya.net.

Munculnya badai tropis Blake, lanjut dia, berdampak pada peningkatan kecepatan angin dan cuaca buruk tidak hanya di perairan tapi juga di daratan.

Kecepatan angin di perairan selatan Jatim mencapai 15-30 knots (60 km/jam). “Kalau normal biasanya mencapai 30 km/jam, sekarang bisa naik 2 kali lipat,” katanya.

Naiknya ketinggian gelombang ini, kata Fajar, terjadi hampir merata di perairan Jawa. “Kecuali selat Madura masih aman, tapi yang di timur Kangean juga terpantau tinggi gelombangnya,” ujarnya.

Dengan ini, kata Fajar, BMKG mengimbau untuk masyarakat yang berada di wilayah pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan. “Warning ini juga juga sudah kami sampaikan pada pihak terkait termasuk penyeberangan yang menggunakan kapal kecil atau fery,” pungkasnya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs