Senin, 29 April 2024

JLLB Sisi Utara Ditarget Kelar Sebelum Piala Dunia U-20

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Denah Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB ) di Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya. Foto: Capture Dokumen Bappeko Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya memastikan Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB ) sekmen utara selesai tahun ini termasuk flyover yang berada di Sememi. Jalan itu ditarget selesai November 2020 untuk mengejar persiapan gelaran Piala Dunia U-20 2020.

“Proyek JLLB ini harus selesai tahun ini, nanti jalan ini bisa menghubungkan akses ke Stadion Gelora Bung Tomo dan juga tembus langsung ke Jalan Tol Surabaya-Gresik,” ujar Risma dalam sidak di kawasan GBT, Senin (10/2/2020).

Andy Prihandoko Kabid Sarana dan Prasarana Wilayah Bappeko Surabaya ditemui suarasurabaya.net, Senin sore (10/2/2020) mengatakan, tahun ini Pemkot Surabaya akan menyelesaikan sekmen yang sampai ke arah utara yang menghubungkan Terminal Teluk Lamong, GBT, dan tol Surabaya-Gresik. Untuk yang mengarah ke selatan masih akan dilanjutkan tahun berikutnya.

“Akan terkoneksi di tahun 2020. Ke depan dilanjutkan sampai perbatasan Gresik yakni dari kawasan Made, Lakarsantri, sampai menghubungkan Menganti Gresik,” katanya.

Sekadar diketahui, pembangunan JLLB bertujuan untuk mengurangi kemacetan di koridor utara-selatan kota Surabaya dan mendukung mobilitas di wilayah barat sebagai jalan arteri primer.

Jalan Lingkar Luar Barat membentang dari Kecamatan Tambak Oso Wilangun sampai dengan Kecamatan Lakarsantri.

Di bagian utara, JLLB akan terhubung dengan Tol Surabaya Gresik (Exit Tol Romokalisari) dan Teluk Lamong, kemudian menerus ke selatan hingga Jalan Raya Menganti dan Kabupaten Gresik.

“Jalan ini memiliki panjang 15, 50 kilometer dengan lebar row 55 meter,” katanya. (bid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs