Kamis, 28 Maret 2024

Jawa Timur Masih Akan Diguyur Hujan Mulai Siang Ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hari ini, Minggu (2/2/2020), wilayah Jawa Timur dan sekitarnya masih akan diguyur hujan.

Cuaca di sebagian wilayah Jatim pada pagi hari diprakirakan cerah berawan dan sebagian wilayah lainnya hujan lokal disertai petir. Selanjutnya, pada siang hingga malam hari, sebagian wilayah Jatim diprakirakan berawan dan sebagian hujan deras disertai petir.

Suhu udara di kisaran 17 – 33 derajat celsius dengan kelembaban udara 60 – 100 persen, dan angin dominan berhembus dari barat daya dan barat dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Melalui edaran pers, BMKG juga merinci wilayah yang perlu mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat:

– Pagi hari di wilayah Pulau Bawean, Kab. Mojokerto, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

– Siang hingga sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Kab. Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Kota Blitar, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

– Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Kab. Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Sementara, Huda, prakirawan BMKG Juanda mengatakan kepada Radio Suara Surabaya bahwa khusus wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya, hari ini masih berpeluang hujan dengan intensitas rendah sampai tinggi pada siang dan sore hari.

“Puncak musim penghujan ada di bulan ini (Februari) dan Maret. Kami mengimbau warga untuk tetap waspada dengan hujan deras disertai petir yang disebabkab awan Cumulonimbus,” kata Huda.(iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs