Selasa, 23 April 2024

Median Jalan Pondok Chandra Mulai Dibongkar untuk Pembukaan Merr

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Median Jalan Perumahan Pondok Chandra dibongkar untuk dibangun jalan crossing bagi pengendara dari Surabaya (Merr) agar bisa langsung ke Gerbang Tol Tambak Sumur atau ke arah Waru, Jumat (30/1/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Median Jalan Perumahan Pondok Chandra akhirnya dibongkar untuk dibangun jalan crossing bagi pengendara dari Surabaya (Merr) agar bisa langsung ke Gerbang Tol Tambak Sumur-Waru maupun ke arah Rungkut.

Heru Pengawas Proyek rambu-rambu lalu lintas di kawasan itu mengatakan, traffic light yang sebelumnya berada di bawah layang tol dipindah lebih maju ke selatan. Fungsinya untuk mengatur kendaraan yang dari arah selatan atau perumahan Pondok Chandra.

“Karena kendaraan yang keluar tol Juanda kalau mau masuk ke Gate Tol Tambak Sumur, harus memutar ke Pondak Chandra. Kalau yang dari Merr Surabaya, cukup mutar ke crossing yang baru dibangun ini di bawah tol,” kata Heru ditemui suarasurabaya.net di lokasi, Jumat (30/1/2020).

Heru menjelaskan, kendaraan yang dari Waru kalau mau ke Juanda harus mengantre di traffic light Pondok Chandra-Merr. Namun, kalau mau ke Surabaya tinggal masuk ke lajur paling kiri yang langsung tembus Merr.

“Pemasangan TL baru ini ditarget seminggu ke depan selesai,” kata pengawas proyek rekanan Dishub Provinsi Jatim ini.

Sementara itu, Bahrul Amig Kepala Dishub Sidoarjo membenarkan langkah pembongkaran median jalan itu merupakan hasil kesepakatan antara Dishub Surabaya dan Dishub Sidoarjo agar jalan Merr-Pondok Chandra segera dibuka.

“Kesepakatannya memang membuka crossing lebih dekat,” katanya.

Sedangkan terkait proyek pengerjaan rambu rambu lalu lintas dikerjakan Dishub Provinsi, Bahrul Amig mengatakan karena Dishub Sidoarjo tidak memiliki anggaran.

“Kemarin kami berkirim surat ke Provinsi untuk pengajuan pembangunan TL ini. Karena di tempat saya sudah tidak ada anggaran,” katanya.

Sebelumnya, Dishub Surabaya dan Dishub Sidoarjo bersepakat, Jalan MERR-Pondok Chandra akan dibuka dengan syarat median jalan ke Perumahan Pondok Chandra dibongkar paling lambat 15 Februari.

Kedua belah pihak menyepakati ini dalam pertemuan mediasi di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Senin (20/1/2020) setelah perdebatan yang cukup alot antara kedua belah pihak. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs