Rabu, 24 April 2024

Nenek Jepang Genap 117 Tahun, Perpanjang Rekor Orang Tertua di Dunia

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kane Tanaka dinobatkan jadi orang tertua di dunia oleh Guinness World Records di Fukuoka, Jepang. Foto: Reuters

Kane Tanaka memperpanjang rekornya sebagai orang tertua di dunia dengan merayakan ulang tahun ke-117 di panti jompo Fukuoka, Jepang bagian selatan.

Dilansir Reuters dan Antara, Minggu (5/1/2020), Tanaka merayakan ulang tahun dengan pesta bersama staf dan teman-temannya di panti jompo, seperti ditayangkan stasiun televisi lokal TVQ Kyushu Broadcasting Co.

Tanaka, yang berulang tahun pada 2 Januari, menggigit potongan dari kue ulang tahunnya. “Enak,” ujar dia sambil tersenyum. “Saya mau tambah lagi,”.

Tanaka tahun lalu dinobatkan sebagai orang tertua di dunia, berusia 116 tahun 66 hari pada 9 Maret, berdasarkan Guinness World Records.

Rekor usia Tanaka adalah simbol dari populasi Jepang yang menua, dibarengi dengan penurunan angka kelahiran yang menimbulkan kekhawatiran tentang kekurangan sumber daya manusia dan masa depan pertumbuhan ekonomi.

Dilansir Reuters, jumlah bayi yang lahir di Jepang menurun jadi sekitar 5,9 persen tahun lalu menjadi kurang dari 900.000 untuk pertama kali sejak pemerintah mulai mengumpulkan data pada 1899, kata kementerian kesejahteraan Jepang.

Tanaka lahir prematur pada 1903 dan menikahi Hideo Tanaka pada 1922, kata Guinness World Records. Mereka dikaruniai empat anak kandung dan satu anak adopsi. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs