Kamis, 2 Mei 2024

Pemerintah dan DPR Siap Mendengar Masukan Masyarakat terkait RUU Cipta Kerja

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memberikan keterangan terkait RUU Cipta Kerja, Kamis (20/2/2020), di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menegaskan Pemerintah dan DPR terbuka untuk menerima masukan dari berbagai pihak terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja.

Menurutnya, sebelum draf itu disahkan menjadi undang-undang, masyarakat bisa menyampaikan kritik mau pun saran.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi Presiden usai membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi, Kamis (20/2/2020), di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

“Kami ingin terbuka, baik DPR mau pun kementerian, menerima masukan, mendengar dari masyarakat. Sehingga nanti kita bisa akomodasi lewat kementerian juga di DPR. Artinya, pemerintah membuka seluas-luasnya masukan, DPR saya kira juga akan membuka seluas-luasnya masukan mungkin lewat dengar pendapat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden juga menegaskan RUU Cipta Kerja masih butuh waktu pembahasan dan disahkan menjadi Undang-Undang. “Mungkin masih tiga, empat, atau lima bulan baru selesai,” katanya.

Terkait banyaknya kritik atas RUU Cipta Kerja yang menggunakan metode omnibus law, Presiden meminta semua pihak bersabar. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta supaya masyarakat mempelajari draf aturan tersebut dengan seksama.

“Satu per satu belum dilihat sudah dikritik. Ini belum undang-undang loh ya. Baik asosiasi, baik serikat, baik masyarakat bisa memberikan masukan kepada pemerintah, kementerian, mau pun kepada DPR. Itu yang ditunggu,” pungkasnya.(rid/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs