Minggu, 29 Maret 2020

Total Korban Meninggal Akibat Gempa di Turki Capai 35 Orang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Anggota regu penyelamat membawa jenazah keluar dari lokasi bangunan runtuh setelah gempa bumi di Elazig, Turki, Minggu (26/1/2020). Foto: Reuters

Tim-tim penyelamat bekerja sepanjang malam untuk menarik 45 orang dari gedung-gedung runtuh di wilayah timur Turki. Berdasarkan data dari badan penanganan bencana Turki, Minggu (26/1/2020), jumlah korban meninggal akibat gempa bumi di wilayah itu sudah mencapai 35 orang.

Saat proses evakuasi, para penyelamat bekerja di bawah suhu nol derajat. Mereka menggunakan bor, alat penggali mekanik serta tangan kosong untuk terus mencari para penyintas di tiga lokasi di Provinsi Elazig.

Provinsi itu diguncang gempa dengan magnitudo 6,8 SR pada Jumat (24/1/2020) pagi. Menurut Badan Bencana dan Kedaruratan AFAD, gempa tersebut diikuti dengan lebih dari 700 gempa susulan dan menyebabkan lebih dari 1.600 orang mengalami luka-luka.

AFAD mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung di tiga lokasi di Elazig. Mereka juga mendesak para warga untuk tidak kembali ke gedung-gedung yang rusak karena bangunan karena berpotensi ambruk.

Dikutip dari Reuters yang dilansir Antara, badan tersebut mengatakan pihak berwenang telah mencatat ada 645 gedung yang rusak parah dan 76 lainnya runtuh di dua provinsi.

Tayyip Erdogan Presiden mengatakan rumah-rumah dengan kerangka baja akan segera dibangun bagi para warga yang kehilangan tempat tinggal.

Turki dalam sejarahnya telah beberapa kali dihantam gempa hebat. Pada Agustus 1999, gempa berkekuatan 7,6 magnitudo mengguncang Izmit, kota di sebelah tenggara Istanbul dan menyebabkan lebih dari 17.000 orang tewas seketika.

Pada 2011, gempa bumi di Kota Van di Turki timur menewaskan lebih dari 500 orang.(ant/tin)

Potret NetterSelengkapnya

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Social Distancing, Ciputra World Sepi

Surabaya
Minggu, 29 Maret 2020
26o
Kurs