Jumat, 29 Maret 2024

Ahli Waris Korban COVID-19 Terima Rp15 Juta dari Kemensos RI

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Virus corona (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Kementerian Sosial Republik Indonesia menyampaikan akan menyalurkan santunan Rp15 juta untuk ahli waris dari tiap korban meninggal dunia karena COVID-19.

Pemberian santunan itu merupakan satu dari lima bentuk dukungan yang diberikan Kementerian Sosial (Kemensos) ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos Asep Sasa Purnama saat jumpa pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa.

“(Santunan ini) ditujukan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Kemensos RI memberi santunan ke ahli waris Rp15 juta per orang yang meninggal,” ujar Asep.

Pemberian itu, menurut dia, merupakan wujud perhatian dan bela sungkawa dari negara ke para korban beserta keluarga yang ditinggalkan.

Akan tetapi, santunan itu belum diberikan ke para ahli waris, karena pihak Kemensos RI masih melakukan verifikasi daftar korban. Dirinya juga belum dapat menjelaskan detail penyaluran santunan.

Per Senin (23/3/2020), jumlah korban akibat COVID-19 di Indonesia mencapai 49 jiwa.

Sementara itu, jumlah pasien yang positif tertular virus mencapai 579 jiwa. Dari jumlah itu, 30 di antaranya dinyatakan sembuh.

Dari keterangan otoritas terkait, per Senin (23/3), jumlah penderita COVID-19 terbanyak masih ditemukan di Jakarta (353 kasus), disusul oleh Jawa Barat (59 kasus), Banten (56 kasus), Jawa Timur (41 kasus), Jawa Tengah (15 kasus), Kalimantan Timur (11 kasus), Bali (enam kasus), DI Yogyakarta dan Kepulauan Riau masing-masing lima kasus.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs