Kamis, 18 April 2024

Akselerasi Pemanfaatan EBT, PJB Lakukan Co-Firing

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi pelaksanaan teleconference yang digelar PJB. Foto: Humas PJB

PT PJB sebagai pembangkitan terbesar di Indonesia laksanakan Go Live Komersial Co-Firing Biomassa PLTU Paiton 2 x 400 MW untuk memperkokoh diri sebagai pionir akselerasi pemanfaatan Energi Baru Terbarukan.

Komitmen kurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) hingga 29% sampai tahun 2030, di Indonesia tercermin melalui rencana kerja PLN mewujudkan target Bauran Energi Nasional untuk EBT 23% pada tahun 2025. Penggunaan energi berupa Biomassa merupakan satu diantara potensi energi terbesar di dunia yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan target Bauran Energi Nasional.

Menurut Kementrian ESDM potensi energi biomassa Indonesia, secara teoritis diperkirakan mencapai sekitar 32 Gigawatt (GW).

PT PJB sebagai perusahaan pembangkitan terbesar di Indonesia melaksanakan Go Live Komersial Co-Firing Biomassa PLTU Paiton 2 x 400 MW untuk memperkokoh diri sebagai pionir akselerasi pemanfaatan Energi Baru Terbarukan.

Acara lewat video teleconference zoom yang dihadiri Muhammad Ikhsan Asaad (Direktur Mega Project PLN), Zulfikar Manggau (EVP Energi Baru dan Terbarukan), Ida Bagus Ari Wardhana (EVP Operasi Regional Jawa Bagian Timur, Bima Putrajaya (EVP Operasi Regional Jawa Bagian Barat), Para Pimpinan Unit PLN dan seluruh jajaran Direksi PT PJB, mencuatkan hal itu.

Direktur Mega Project PLN Co-Firing menyampaikan rasa bangganya kepada PT PJB yang telah berhasil melaksanakan uji coba Co-Firing, CoFiring ini sendiri akan dilaksanakan di 52 unit PLTU PLN dengan total kapasitas 18.184 MW sehingga dengan 5% penggunaan biomass diharapkan sekitar 900 MW PLTU dikonversi jadi Energi Baru dan Terbarukan.

Co-Firing sendiri merupakan proses penambahan biomassa sebagai bahan bakar pengganti parsial ke dalam boiler batubara eksisting tanpa modifikasi yang signifikan, sehingga melalui metode Direct Cofiring bio pellet dicampur melalui peralatan penggiling atau grinding dan pengumpan atau feeder kemudian dimixing dengan batubara ke dalam boiler yang sama untuk dibakar.

“Keunggulan dari inovasi cofiring ini adalah pengurangan penggunaan fossil fuel power plant menjadi green power plant sehingga mengurangi emisi SOx dan NOx, mendukung target bauran EBT 23% di tahun 2025 tanpa diperlukan investasi pembangkit EBT baru yang memerlukan CAPEX cukup besar. Ini adalah inovasi untuk mengurangi pemanasan global yang terjadi di dunia,” kata Iwan Agung Firstantara, Direktur Utama PT PJB.

PT Pembangkitan Jawa Bali telah melakukan riset biomassa sejak th 2017 dengan beberapa lembaga riset nasional, perguruan tinggi dan OEM Boiler manufacture dalam studi biomassa, dan mulai melakukan pengujian cofiring ini sejak September 2019 pada pilot project di PLTU Paiton.

Hingga saat ini, PT PJB sudah berhasil melakukan pengujian di 5 PLTU (Paiton, Rembang, Indramayu, Ketapang, Tenayan) dengan jenis boiler yang berbeda dan 3 jenis biomassa yang berbeda ( wood pellet, cangkang sawit, saw dust).

Cofiring menawarkan aspek positif bagi lingkungan di industri kelistrikan. Kami sangat berharap inovasi ini dapat diterapkan di seluruh pembangkit listrik di Indonesia. Cofiring adalah solusi tepat dalam menjaga bumi kita agar terwujud Indonesia yang lebih hijau sehingga tetap bisa dihuni dengan nyaman oleh kita, anak cucu kita kelak,” pungkas Iwan Agung, Kamis (11/6/2020).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs